Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Mengatasi Si Kecil yang Jatuh

Mengatasi Si Kecil yang Jatuh

Ketika sedang asyik bermain, tiba-tiba Si Kecil terjatuh. Tak perlu panik, lakukan saja langkah-langkah berikut ini untuk mengatasinya!

Apabila Si Kecil langsung menangis dan menggerakkan seluruh anggota tubuhnya setelah terjatuh, Anda boleh menggendong untuk menenangkannya. Lalu, lakukanlah observasi pada tubuhnya. Tetapi, kalau Si Kecil tidak sadar atau sadar tetapi pasif alias tidak menggerakkan anggota tubuhnya, jangan mengangkatnya karena akan berakibat fatal. Bersegeralah menghubungi rumah sakit terdekat untuk minta pertolongan dokter.

Amati seluruh bagian tubuh Si Kecil dan cari bagian mana yang memar ataupun benjol. Jika didapati benjol di bagian kepala atau memar di bagian tubuh, Anda boleh mengoleskan salep anti-trauma pada bagian tersebut. Tetapi, jika Si Kecil menangis saat dipegang padahal tidak ada memar atau benjol di kepalanya, segera larikan ia ke rumah sakit.

Gerakkan kedua tangan Si Kecil ke samping, atas, bawah, depan, kemudian rentangkan dan angkatlah. Apabila ia mengeluh, pastikan di tangan sebelah mana dan dalam posisi apa ia merasa sakit. Segera bawa ia ke dokter dan laporkan keluhannya. Lakukan juga gerakan ini pada kakinya.

Tolehkan kepala Si Kecil ke kiri dan kanan, kemudian dekatkan dagunya ke dada perlahan. Lalu miringkan tubuhnya ke kiri dan kanan. Jika ada keluhan, catat dan bawa ia ke dokter. Lakukan observasi selama 2 hari! Jika selama waktu tersebut ada keluhan, apalagi sampai muntah dengan menyembur, segera larikan Si Kecil ke rumah sakit. (Dina/doc.M&B)