Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Sering Sakit di Punggung Bagian Tengah? Bisa Jadi Ini Pemicunya

Sering Sakit di Punggung Bagian Tengah? Bisa Jadi Ini Pemicunya

Sakit punggung bisa dialami semua orang. Biasanya, sakit punggung dibedakan oleh letak pusat rasa sakit, ada yang bagian atas, kedua sisi, dan bagian tengah punggung. Beda area, maka beda pula penyebabnya.

Kebanyakan orang mungkin mengalami sakit punggung di kedua sisi atau di bagian atas. Kasus sakit punggung di bagian tengah tergolong jarang terjadi. Namun, gangguan kesehatan yang satu ini tetap tak boleh dipandang sebelah mata.

Dilansir dari Medical News Today, ada beberapa penyebab seseorang mengalami sakit punggung di bagian tengah, yaitu:

1. Masalah tulang dan sendi

Masalah pada tulang atau sendi di area punggung seperti arthritis (radang sendi) atau osteoporosis (pengeroposan tulang) bisa memicu rasa nyeri di tulang belakang bagian tengah.

Penyebab lain yang bisa menimbulkan rasa nyeri adalah osteoarthritis (OA). Gejala OA menyebabkan ujung-ujung tulang saling bergesekan, menyebabkan rasa sakit, bengkak, dan kaku. 

Selain itu, ada ankylosing spondylitis yang merupakan jenis radang sendi yang juga bisa memengaruhi tulang belakang. Gejalanya mencakup rasa sakit dan kaku di punggung bagian tengah. Jika dibiarkan, penyakit ini bisa menyebabkan ruas tulang belakang menyatu dan bisa memengaruhi postur serta mobilitas.

2. Usia

Sudah menjadi rahasia umum bahwa usia memang bisa memengaruhi kondisi tubuh Anda. Tak sedikit masalah kesehatan yang muncul seiring dengan bertambahnya usia, termasuk sakit di punggung bagian tengah.

Biasanya, rasa nyeri tersebut muncul memasuki usia 30-an tahun. Peningkatan risiko nyeri di punggung bagian tengah bisa dipengaruhi oleh proses penuaan yang membuat massa otot berkurang, cairan di persendian tulang belakang menipis, dan penurunan kepadatan tulang.

3. Kebiasaan dan gaya hidup

Kebiasaan dan gaya hidup juga bisa memicu munculnya sakit di punggung bagian tengah. Yang dimaksud kebiasaan ini antara lain adalah membiarkan postur tubuh di posisi yang kurang tepat, seperti terlalu membungkuk. Hal ini bisa menyebabkan otot-otot punggung, terutama otot fleksor dan ekstensor, meregang karena harus bekerja lebih keras guna menstabilkan posisi pangkal leher dan pundak agar selaras dengan punggung.

Kebiasaan mengangkat barang berat juga bisa menyebabkan nyeri di punggung bagian tengah. Terlalu sering mengangkat barang berat atau mengangkat dengan cara yang salah berulang kali bisa menyebabkan otot dan ligamen di bagian belakang meregang atau bahkan sobek.

Selain itu, kebiasaan merokok dan obesitas juga meningkatkan risiko Anda mengalami sakit punggung bagian tengah. Sebagai catatan, merokok membuat Anda lebih rentan terhadap nyeri karena berkurangnya asupan nutrisi ke tulang belakang. Sedangkan obesitas akan meningkatkan beban pada tulang dan otot sehingga memicu rasa nyeri.

4. Penyebab lain

Penyebab lain yang bisa memicu rasa sakit pada punggung, seperti adanya cedera yang mengakibatkan patah tulang. Biasanya, cedera semacam ini akan menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa, terutama saat tubuh bergerak. Patah tulang perlu segera ditangani agar tidak makin parah.

Selain itu, herniated disc juga bisa memicu rasa sakit di punggung bagian tengah. Disc terletak di antara vertebrata yang masing-masing terisi dengan cairan untuk bertindak sebagai bantalan penyerap guncangan. Bantalan berisi cairan tersebut bisa pecah atau menonjol keluar. Kondisi inilah yang dikenal sebagai herniated disc. Disc yang bergeser atau pecah bisa memberikan tekanan pada saraf di sekitarnya.

Mengatasi nyeri di punggung

Mengatasi sakit punggung bagian tengah bisa dengan menggunakan kompres panas maupun dingin. Anda juga bisa mengonsumsi obat-obatan pereda nyeri.

Jika sakit tak tertahankan atau terjadi terus-menerus, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter guna mendapatkan penanganan yang tepat. Pasalnya, jika dibiarkan, masalah otot dan tulang belakang bisa menyebabkan efek serius seperti kelumpuhan.

Baca juga: Ada Jerawat di Punggung? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

(M&B/Wieta Rachmatia/SW/Foto: Freepik)