Type Keyword(s) to Search
BABY

6 Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Perlu Disiapkan

6 Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Perlu Disiapkan

Menantikan kelahiran Si Kecil merupakan momen yang bukan hanya membahagiakan tapi juga mendebarkan. Sebagai orang tua, Moms dan Dads tentunya ingin mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik sebelum kelahiran bayi Anda.

Nah, untuk membantu Anda, Moms dan Dads, Berikut ini M&B punya daftar perlengkapan bayi baru lahir yang perlu disiapkan sebelum kelahiran Si Kecil. Ini daftarnya.

1. Pakaian bayi

Pakaian bayi merupakan perlengkapan bayi baru lahir yang paling penting untuk disiapkan. Pakaian bayi tentunya harus punya kualitas baik dengan material kain antibakteri dan antialergi, agar lebih aman untuk kulit bayi baru lahir yang cenderung sensitif.

Pastikan juga pakaian bayi terbuat dari kain yang halus dan lembut, yang bisa membantu bayi tetap merasa hangat dan nyaman. Tak hanya baju bayi, topi bayi, kaus kaki bayi, dan sarung tangan bayi juga termasuk pakaian bayi yang penting untuk Anda siapkan.

2. Popok bayi

Perlengkapan bayi baru lahir yang penting untuk dipersiapkan berikutnya adalah popok bayi. Pilihlah jenis popok khusus bayi baru lahir atau biasanya tertulis dengan label newborn. Ada begitu banyak jenis dan merek popok bayi di pasaran. Untuk itu, Moms harus selalu memperhatikan dan memilih popok bayi dengan kualitas terbaik. Asal dalam memilih popok bayi bisa meningkatkan risiko iritasi dan ruam pada kulit Si Kecil nantinya.

3. Bedong bayi

Bedong bayi masuk ke dalam daftar perlengkapan bayi baru lahir berikutnya yang harus Anda siapkan. Bedong bayi bermanfaat untuk menjaga tubuh Si Kecil tetap hangat dan nyaman, sehingga bisa membantunya tenang dan tidur nyenyak.

Selain itu, bedong bayi juga bermanfaat untuk mengurangi risiko SIDS (sudden infant death syndrome) dan bisa meningkatkan perkembangan neuromuskular bayi. Namun, pastikan Anda membedong bayi dengan benar dan tidak terlalu kencang atau ketat, yang justru bisa membahayakannya.

4. Produk mandi dan kulit bayi

Sebenarnya, produk mandi dan kulit bayi seperti sabun, sampo, minyak telon, atau krim bayi belum begitu dibutuhkan bayi baru lahir. Pasalnya, kulit newborn cenderung masih sensitif dan tipis Dan produk-produk tersebut justru bisa berisiko membuat kulitnya iritasi.

Meskipun begitu, Moms tetap bisa memasukkan produk mandi dan kulit bayi ke dalam daftar perlengkapan bayi baru lahir yang harus disiapkan, karena bayi baru lahir tetap harus dijaga kebersihannya. Moms juga akan membutuhkannya saat usia bayi dirasa cukup.

Sebelum bayi puput pusar, Moms disarankan cukup pakai waslap untuk membersihkan badan Si Kecil. Sedangkan setelah bayi puput pusar—sekitar 2 sampai 3 minggu setelah lahir—Moms bisa memandikan Si Kecil di baby bathtub.

Di usia ini, Moms bisa gunakan sedikit sabun bayi yang dituangkan terlebih dahulu ke tangan Anda sebelum diusapkan ke kulit Si Kecil. Kemudian, basuh seluruh tubuh bayi dengan air hangat—bisa menggunakan waslap—lalu keringkan tubuh bayi dengan handuk bersih yang lembut.

Untuk produk mandi, pilih dan gunakan produk khusus untuk bayi yang lebih aman untuk mencegah kulit kering dan iritasi pada bayi. Pastikan juga Anda memahami dan mengikuti cara memandikan bayi baru lahir dengan benar, ya Moms!

5. Perlak bayi

Perlak bayi juga termasuk perlengkapan penting bayi baru lahir yang harus disiapkan. Perlak bayi biasanya terbuat dari bahan antiair, yang memang difungsikan sebagai alas untuk mencegah ompol bayi mengotori atau merembes ke seprai dan kasur.

Moms bisa gunakan perlak bayi ini sebagai alas saat mengganti popok Si Kecil dan membersihkan tubuhnya. Saat ini, ada perlak bayi yang bisa dilipat sehingga lebih praktis dan mudah untuk dibawa bepergian.

6. Gendongan bayi

Moms membutuhkan gendongan bayi untuk menggendong Si Kecil saat bepergian, sehingga Anda dan Si Kecil bisa sama-sama merasa aman dan nyaman. Selain itu, Moms juga bisa menggendong Si Kecil untuk menenangkannya saat menangis dan untuk membantu meningkatkan bonding antara Anda dan Si Kecil.

Ada begitu banyak jenis gendongan bayi yang bisa Moms pilih sesuai usianya. Untuk newborn, Moms bisa pilih jenis gendongan baby wrap, baby ring sling, atau woven wrap. Pastikan juga Anda menggendong bayi sesuai dengan cara menggendong yang benar.

Baca juga: 6 Cara Menggendong Bayi yang Salah, Hindari Melakukannya, Moms

Itulah 6 perlengkapan bayi baru lahir yang harus Moms dan Dads siapkan sebelum kelahiran Si Kecil. (M&B/Calvin/ZA/SW/Foto: Valeria_aksakova/Freepik)