Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Moms, Ini 7 Tips Menghadapi Suami yang Egois

Moms, Ini 7 Tips Menghadapi Suami yang Egois

Menjalani pernikahan tentu bukan hal yang mudah ya, Moms. Dalam setiap perjalanannya, akan ada saja ujian yang muncul. Salah satunya mungkin diuji dengan sosok suami yang punya kepribadian egois.

Seseorang bisa dikatakan egois ketika mereka lebih mementingkan diri sendiri daripada orang lain. Misalnya, saat suami membuat satu kesalahan, tapi ia tak mau disalahkan.

Menghadapi suami yang egois seperti ini pastinya enggak gampang. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, tak jarang Moms juga bisa ikut terpancing emosi, yang menyebabkan mood berubah, stres, bahkan bukan tak mungkin memicu pertengkaran.

Untuk menghindari risiko tersebut, Moms bisa coba 7 tips menghadapi suami yang egois berikut ini.

1. Bersikap terus terang

Untuk menghadapi suami yang egois, Moms harus bersikap terus terang dan jujur. Coba jelaskan kepada Dads bahwa apa yang dilakukannya cukup mengganggu dan bisa berdampak secara emosional, karena biasanya orang yang egois cenderung tidak peka terhadap apa yang dirasakan orang lain di sekitarnya, termasuk perasaan istrinya sendiri.

2. Tunjukkan empati

Orang yang punya kepribadian egois umumnya akan sulit mengendalikan diri. Ini karena orang egois selalu berusaha mempertahankan harga dirinya. Bahkan pada akhirnya ia tak segan untuk menyalahkan orang lain agar terlihat menang.

Untuk menghadapinya, Moms bisa coba tunjukkan empati. Hal ini dilakukan dengan harapan Dads bisa merasa lebih dihargai, sehingga ia bisa mendengarkan pendapat Anda, Moms.

3. Bersikap tenang saat menghadapinya

Melansir Psychology Today, kunci utama menghadapi orang yang egois adalah dengan bersikap tenang. Kondisi diri yang tenang akan membuat emosi jauh lebih stabil dan Anda bisa berpikir lebih jernih, sehingga nantinya Moms bisa fokus mencari jalan keluar dari suatu masalah yang terjadi dalam rumah tangga Anda.

4. Tunjukkan fakta atau bukti jika merasa benar

Pada umumnya, orang egois cenderung melihat sesuatu hanya dari sudut pandang pribadinya. Tak heran jika di posisi ini, suami akan selalu merasa benar dan orang lain salah.

Untuk mengatasi hal tersebut, Moms perlu menunjukkan fakta atau bukti untuk mendukung pendapat pribadi Anda. Tips menghadapi suami yang egois ini bisa dilakukan terlebih jika Anda merasa benar.

5. Ciptakan komunikasi yang baik dengan pasangan

Saat berdebat dengan Dads, pastikan Moms tetap memiliki komunikasi yang baik dan fokuslah pada hal yang positif. Pilihlah waktu yang tepat untuk berkomunikasi dengan pasangan. Kemudian ciptakan juga suasana yang tenang dan harmonis di tiap momen diskusi. Hal ini bisa membantu Moms dan Dads untuk fokus pada masalah dan menemukan jalan keluar terbaik.

6. Luangkan lebih banyak waktu bersama

Tips berikutnya, Moms bisa coba luangkan lebih banyak waktu bersama Dads. Sediakan setidaknya 20 menit setiap hari untuk deep talk. Ini bertujuan agar Anda bisa mempelajari dan memahami karakter suami lebih dalam lagi, sehingga ia akan merasa lebih dihargai dan hubungan berjalan harmonis.

7. Lakukan konsultasi pernikahan

Terakhir, jika semua cara sudah dicoba, tapi sikap egois suami Anda tidak juga berubah, Moms bisa ajak Dads melakukan konsultasi pernikahan dengan psikolog. Sesi konseling mungkin dibutuhkan untuk menemukan solusi dari permasalahan yang ada. Tak perlu khawatir, saat ini konseling psikolog bisa dilakukan dengan mudah, baik secara online maupun offline.

Nah, itulah 7 tips menghadapi suami yang egois. Agar terhindar dari stres, masalah emosional, dan pertengkaran, Moms bisa coba tips-tips di atas, ya. (M&B/Ayu/ZA/SW/Foto: Timur Weber/Pexels)