Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Manfaat Jeruk Nipis dan Madu untuk Kesehatan

Manfaat Jeruk Nipis dan Madu untuk Kesehatan

Jeruk nipis dan madu bisa dianggap sebagai salah satu resep tradisional yang paling populer di masyarakat. Perpaduan unsur rasa masam dan manis keduanya kerap dianggap ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Benarkah begitu?

Faktanya, jeruk nipis dan madu memang mengandung sejumlah nutrisi yang baik untuk tubuh kita, Moms. Seperti dilansir dari situs Kemkes.go.id, jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, yaitu 20 mikrogram per 100 gramnya. Selain vitamin C, buah ini juga mengandung antara lain 18 miligram kalsium, 22 miligram fosfor, 3 miligram natrium, 108,9 miligram kalium, dan 23 mikrogram beta karoten.

Khasiat jeruk nipis

Dengan berbagai kandungan vitamin dan mineral di dalamnya, jeruk nipis punya sejumlah khasiat buat kesehatan berikut ini, Moms.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Vitamin C yang terdapat dalam jeruk nipis punya andil untuk membantu menjaga sistem imun tubuh dengan meningkatkan produksi sel sehat guna membunuh mikroba penyebab penyakit. Jangan lupa, vitamin C juga bisa berfungsi sebagai antioksidan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan mempertahankan sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

2. Memperlancar pencernaan

Air jeruk nipis bersifat asam dan bisa membantu air liur (saliva) memecah makanan. Selain itu, kandungan flavonoid dalam air jeruk nipis mampu merangsang pengeluaran enzim-enzim pencernaan. Jika Anda mengalami sembelit, sifat asam dari jeruk nipis dapat merangsang pergerakan usus. Nah, dengan begitu makanan sampah di dalam perut akan terbantu untuk terdorong ke bawah lebih mudah.

3. Mengatasi gangguan pernapasan

Anda mungkin sudah pernah mendengar bahwa jeruk nipis bisa membantu mengatasi batuk dan mengencerkan dahak di tenggorokan. Perlu diketahui, jeruk nipis mengandung vitamin C dan minyak atsiri pada buahnya yang bisa mengurangi sakit akibat batuk. Selain itu, ekstrak minyak pada kulit jeruk nipis yang mengandung kaempferol dan flavonoid punya sifat antikongestif dan sering digunakan sebagai inhaler, balsam, dan alat uap.

4. Menurunkan risiko terkena kanker

Kandungan liminoid dalam jeruk nipis berperan sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh sehingga mampu menurunkan risiko sebagian jenis kanker, seperti leukemia, kanker lambung, dan kanker usus besar.

5. Menurunkan berat badan

Kandungan asam sitrat pada jeruk nipis mampu memperlancar pencernaan serta meningkatkan laju metabolisme tubuh. Percepatan laju metabolisme tersebut berdampak pada pembakaran kalori yang lebih banyak. Selanjutnya, metabolisme yang meningkat ini akan mengurangi penyimpanan lemak di tubuh.

6. Mencegah diabetes

Tingginya kadar serat yang terkandung dalam jeruk nipis dapat menurunkan kadar gula dalam darah dan mengatur penyerapan gula ke dalam aliran darah. Hal tersebut mampu membantu mengurangi risiko lonjakan gula darah bagi penderita diabetes. Selain itu, jeruk nipis punya indeks glikemik rendah, yaitu ukuran yang digunakan untuk menentukan seberapa besar makanan bisa memengaruhi kadar gula darah.

7. Menjaga kesehatan kulit

Jeruk nipis memiliki sejumlah kandungan yang mampu membantu menjaga kesehatan kulit, mulai dari vitamin C yang penting untuk pembentukan kolagen hingga antioksidan yang membantu melawan tanda-tanda penuaan. Namun, memang masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai klaim ini.

Madu kaya manfaat

Sementara itu, madu juga punya sederet manfaat bagi kesehatan. Selain gula, kandungan lain dalam madu meliputi mineral, polifenol, vitamin, asam amino, karotenoid, enzim, dan asam organik.

Madu juga dikenal dengan kemampuannya untuk mengurangi gejala terkait penyakit asma. Pengobatan menggunakan madu bisa mencegah peradangan pada saluran napas. Akan tetapi, klaim ini masih perlu penelitian lebih lanjut.

Baca juga: Rekomendasi Madu untuk Bantu Menjaga Kesehatan Anak

Seperti halnya jeruk nipis, madu juga bisa membantu menjaga kesehatan, meredakan batuk dan pilek, dan menjaga kesehatan kulit. Yang tak kalah penting, madu juga mampu meningkatkan sistem imun tubuh kita.

Nah, itulah beberapa manfaat jeruk nipis dan madu untuk kesehatan. Jadi, tak heran lagi kan, jika jeruk nipis dan madu jadi salah satu andalan pengobatan tradisional. (M&B/Wieta Rachmatia/SW/Foto: Freepik)