Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

10 Makanan yang Mengandung Vitamin A Selain Wortel

10 Makanan yang Mengandung Vitamin A Selain Wortel

Sudah sejak lama wortel populer sebagai salah satu bahan makanan yang tinggi vitamin A. Namun sebenarnya, ada banyak makanan yang mengandung vitamin A tinggi selain wortel.

Vitamin A sendiri merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan mata, mendukung sistem imunitas, mengurangi risiko penyakit kanker, hingga mencegah terjadinya penuaan dini. Karena alasan tersebut, penting untuk Moms memasukkan daftar makanan yang tinggi vitamin A ke dalam menu makanan Anda sehari-hari.

Baca juga: Manfaat Vitamin A untuk Bayi dan Cara Tepat Memberikannya

Berikut ini 10 makanan yang mengandung vitamin A tinggi selain wortel.

1. Bayam

Sayuran berwarna hijau ini dikenal mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Melansir laman Healthline, satu cup bayam mengandung 2.813 IU vitamin A. Selain itu, bayam mengandung nutrisi penting lainnya, seperti vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, asam folat, kalsium dan zat besi, yang bisa membuat tubuh Moms lebih sehat dan terhindar dari berbagai risiko penyakit.

2. Ubi ungu 

Ubi ungu punya rasa yang manis, sehingga cenderung disukai semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Moms bisa menyajikan olahan ubi ungu untuk menambah asupan vitamin A harian seluruh anggota keluarga. Selain mengandung vitamin A, ubi ungu diperkaya dengan nutrisi penting lainnya, seperti vitamin B6, vitamin C, kalium, dan kolin.

3. Paprika 

Paprika juga masuk ke dalam daftar makanan yang mengandung vitamin A yang baik untuk menunjang kesehatan tubuh. Namun, bila Moms ingin mendapatkan asupan vitamin A yang lebih tinggi, Anda disarankan untuk memilih paprika berwarna merah. Paprika merah mengandung 3.131 IU vitamin A, yang dianggap paling tinggi jika dibandingkan jenis paprika lainnya.

4. Selada

Selada juga bisa jadi pilihan makanan kaya vitamin A untuk dikonsumsi sehari-hari. Setiap 100 gram selada air mengandung vitamin A sebanyak 436 mcg. Sayuran hijau ini juga mengandung serat tinggi yang bisa membantu melancarkan buang air besar (BAB) sekaligus bisa membuat perut kenyang lebih lama.

5. Keju

Keju merupakan salah satu produk olahan susu yang dianggap baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Tak hanya itu, keju juga menjadi sumber vitamin A yang bagus untuk tubuh. Dalam 100 gram keju terkandung 317 mcg vitamin A. Namun, hati-hati saat mengonsumsinya ya Moms, karena keju yang dijual di pasaran umumnya punya kandungan garam yang tinggi.

6. Kacang polong

Kacang polong jadi sumber vitamin A yang baik untuk tubuh. Menurut penelitian, atu cangkir kacang polong rebus mengandung 66 mcg vitamin A. Untuk mendapatkan manfaatnya, Moms bisa memasukkan atau menambahkan kacang polong ke dalam sup, semur, atau salad.

7. Hati sapi

Dalam 100 gram hati sapi terkandung 4.970 mcg vitamin A. Meskipun tinggi vitamin A, tapi Moms perlu berhati-hati dalam mengonsumsinya. Bukan tanpa alasan, hati sapi termasuk dalam kategori jeroan yang harus dibatasi konsumsinya. Jika berlebihan, tubuh berisiko mengalami pembengkakan, kerusakan liver, kerontokan rambut, hingga nyeri tulang.

8. Makerel 

Ikan makerel bisa jadi pilihan sumber makanan tinggi vitamin A lainnya, Moms. Ikan yang sering diolah menjadi berbagai makanan lezat ini menyediakan 252 mcg vitamin A dalam tiap porsi ukuran 100 gram. Selain itu, makerel kaya asam amino yang diperlukan untuk pembentukan protein dalam tubuh.

9. Salmon 

Salmon dikenal sebagai jenis ikan yang tinggi nutrisi, termasuk vitamin A. Dalam 100 gram ikan salmon terkandung 136 mcg vitamin A, atau bisa memenuhi sekitar 5% kebutuhan vitamin A harian tubuh. Tak hanya kandungan nutrisinya yang penting untuk kesehatan, ikan ini juga punya rasa yang lezat.

10. Telur

Satu butir telur rebus ukuran sedang mengandung vitamin A sebanyak 90 mcg. Meskipun kandungan vitamin A-nya lebih sedikit daripada bahan makanan lain, telur tidak kalah bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Kandungan kolin di dalam telur bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem saraf serta memperkuat lapisan pelindung dalam sel otak, sehingga otak bisa berfungsi secara optimal.

Itulah beberapa makanan yang mengandung vitamin A selain wortel. Selain vitamin A, pastikan Anda juga memenuhi asupan vitamin dan mineral penting lainnya, yang akan membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. (M&B/Ayu/ZA/SW/Foto: Azerbaijan_Stockers/Freepik)