Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

7 Jenis Sayur Rendah Kalori untuk Mendukung Program Diet

7 Jenis Sayur Rendah Kalori untuk Mendukung Program Diet

Diet jadi satu gaya hidup yang banyak dijalani masyarakat saat ini, yang salah satu tujuan utamanya adalah untuk menurunkan berat badan. Nah, untuk mencapai tujuan tersebut, Anda disarankan untuk menjaga pola makan, berolahraga secara rutin, serta mengonsumsi makanan rendah kalori seperti sayur-sayuran.

Ada beberapa jenis sayur rendah kalori yang cocok dikonsumsi saat diet. Sayur-sayuran ini umumnya mengandung tinggi serat, tapi rendah kalori. Mengonsumsi sayur rendah kalori akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama sekaligus mengurangi nafsu makan. Berikut ini M&B telah merangkum daftar sayur rendah kalori untuk mendukung program diet Anda. Simak ya, Moms!

1. Asparagus

Asparagus merupakan sayuran berwarna hijau yang berbentuk seperti batang, berukuran panjang, dan runcing di salah satu ujungnya. Menurut penelitian, 100 gram asparagus diketahui hanya mengandung 20,3 kkal. Anda bisa mengolah asparagus menjadi makanan diet lezat dengan cara ditumis atau dibuat sup krim hangat.

2. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran hijau yang kerap dikonsumsi saat diet. Bukannya tanpa alasan, ini karena brokoli termasuk sayuran rendah kalori, di mana dalam 100 gramnya hanya ada 34 kkal. Selain itu, brokoli mengandung vitamin C dan serat tinggi yang bisa menjaga kesehatan kulit, melancarkan sistem pencernaan, dan meningkatkan imunitas tubuh.

3. Bayam

Bayam termasuk salah satu jenis sayur rendah kalori yang bisa Anda konsumsi untuk mendukung program diet. Faktanya, 100 gram bayam hanya mengandung 23 kkal. Bayam juga tinggi zat besi, magnesium, folat, serta vitamin A, C, dan K, yang semuanya baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

4. Kale

Kale adalah sayuran berwarna hijau atau ungu kebiruan yang punya tekstur padat dan sering dikonsumsi untuk diet. Melansir laman Healthline, dalam satu ikat kale dengan berat kurang lebih 100 gram terkandung 33 kkal. Tak hanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan, kale juga bisa membantu memenuhi kebutuhan gizi harian tubuh kita. Pasalnya, kale juga mengandung nutrisi lain, seperti magnesium, tembaga, kalsium, protein, karbohidrat, serta vitamin A, B6, C, dan K.

5. Kubis 

Kubis, baik yang berwarna hijau ataupun putih, merupakan salah satu sayur yang sangat direkomendasikan untuk diet. Menurut Fat Secret Indonesia, setiap 100 gram kubis mengandung 24 kalori serta diperkaya dengan serat dan vitamin C.

6. Selada

Penelitian menyebutkan bahwa 100 gram selada hijau mengandung 16 kalori, menjadikannya cocok untuk dikonsumsi oleh Anda yang sedang menjalani program diet. Selada juga mengandung sejumlah nutrisi penting lainnya yang diperlukan tubuh, seperti protein, serat, lemak, karbohidrat, gula, kalsium, zat besi, fosfor, natrium, kalium, serta vitamin B6, C, E, dan K. Anda bisa mengonsumsi selada mentah sebagai campuran salad ataupun dikukus dan ditumis.

7. Wortel

Wortel merupakan sayuran berwarna oranye yang bisa menjadi pilihan jenis sayur rendah kalori lainnya untuk Anda konsumsi saat sedang melakukan diet. Setiap 100 gram wortel mengandung 41 kkal. Tak hanya itu, wortel juga dikenal kaya vitamin A yang bisa membantu memaksimalkan sistem metabolisme tubuh. Dengan begitu, proses pembakaran lemak di tubuh jadi lebih optimal dan penurunan berat badan bisa tercapai. Anda bisa mengonsumsi wortel dengan cara mengolahnya menjadi sup, dikukus, atau dibuat jus segar dengan campuran sayur dan buah lainnya.

Itulah 7 jenis sayur rendah kalori yang bisa Anda konsumsi saat diet untuk membantu menurunkan berat badan Anda, Moms. (M&B/Ayu/ZA/SW/Foto: Ojosujono96/Freepik)