Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

7 Efek Begadang bagi Pria, Hati-hati Bisa Ganggu Kesuburan!

7 Efek Begadang bagi Pria, Hati-hati Bisa Ganggu Kesuburan!

Dads, apakah Anda suka begadang? Begadang jadi salah satu kebiasaan yang tak terelakkan, terutama bagi mereka yang memiliki tuntutan pekerjaan atau gaya hidup yang mengharuskan untuk terjaga hingga larut malam.

Namun, di balik itu, Anda perlu berhati-hati. Pasalnya, begadang punya sejumlah dampak yang bisa memengaruhi kesehatan, baik fisik maupun mental, misalnya penurunan sistem imun tubuh, peningkatan risiko penyakit jantung, menurunnya produktivitas, hingga menimbulkan gangguan kesuburan. Berikut ini M&B merangkum beberapa efek begadang bagi pria. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini, Dads!

1. Meningkatkan risiko diabetes hingga kanker 

Pada umumnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur 7-9 jam setiap harinya. Jika seseorang begadang dan kurang tidur, hal ini bisa menyebabkan timbulnya masalah kesehatan seperti diabetes dan kanker.

Menurut studi yang diterbitkan oleh Proceedings of The National Academy of Sciences (PNAS), disebutkan bahwa begadang dan tidur di siang hari dalam waktu yang lama bisa menyebabkan perubahan lebih dari 100 protein dalam tubuh, darah, serta penurunan fungsi kekebalan tubuh dan sistem metabolisme. Jika dibiarkan, perubahan tersebut bisa meningkatkan risiko penyakit diabetes hingga kanker.

2. Meningkatkan risiko penyakit jantung

Dads, tak hanya diabetes dan kanker, begadang juga turut meningkatkan risiko penyakit jantung. Hal ini karena paparan cahaya buatan yang berasal dari alat elektronik atau lampu berlebihan di malam hari menyebabkan ritme sirkadian kita terganggu.

Kondisi tersebut membuat waktu tubuh untuk siang dan malam menjadi tidak selaras, menurunkan kualitas tidur, meningkatkan tekanan darah, serta menyebabkan peradangan. Semua itu sangat erat kaitannya dengan risiko penyakit jantung atau kardiovaskular.

3. Tidak produktif dan sulit berkonsentrasi

Kurangnya waktu tidur akibat begadang membuat otak berpikir lebih lambat, menurunkan daya ingat, sulit berkonsentrasi, serta mengurangi kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah. Jika dibiarkan terus-menerus, hal ini tentunya bisa berdampak pada produktivitas harian Anda serta meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan, baik di jalan maupun di tempat kerja.

4. Menurunkan kesuburan dan peluang kehamilan

Dads, sudah tahu belum, kalau begadang juga punya dampak buruk bagi kesuburan? Menurut penelitian yang dilansir dari Healthline, begadang terus-menerus dapat menurunkan libido serta mengurangi keinginan seseorang untuk melakukan hubungan seks dengan pasangannya.

Selain itu, begadang bisa menurunkan kualitas sel sperma pada saat dilakukan pemeriksaan. Semua hal tersebut dipercaya bisa memengaruhi peluang kehamilan, terutama jika Moms dan Dads sedang berencana untuk memiliki momongan.

5. Kulit tampak kusam dan muncul tanda penuaan dini

Saat tubuh kurang tidur, proses produksi hormon kortisol menjadi berlebihan yang kemudian akan menyebabkan tubuh memecah kolagen di kulit. Kondisi ini membuat kolagen yang berfungsi menghaluskan dan menjaga elastisitas kulit tidak bekerja dengan optimal.

Jadi, jangan heran jika kita terlalu sering begadang, kulit akan tampak kusam serta muncul tanda penuaan dini seperti garis hitam di bawah mata dan garis-garis halus di wajah.

6. Menyebabkan disfungsi ereksi

Disfungsi ereksi merupakan suatu gangguan kesehatan di mana pria tak mampu mempertahankan ereksi selama berhubungan seks. Menurut penelitian di AS, 79% pria yang mengalami kondisi tersebut disebabkan oleh kebiasaan begadang dan kurang tidur. Mereka yang tidur kurang dari 6 jam setiap malam dalam satu minggu berisiko mengalami penurunan hormon testosteron sebanyak 15%. Kondisi inilah yang kemudian menjadi penyebab munculnya masalah disfungsi ereksi dan gangguan kesuburan lainnya pada pria.

7. Menurunkan sistem imun tubuh

Dads perlu tahu bahwa saat tidur di malam hari tubuh akan memproduksi sejumlah hormon dan senyawa antibodi yang bermanfaat untuk melawan virus dan bakteri. Pada waktu tersebut, sistem imun tubuh akan terbentuk dengan optimal, sehingga Anda akan bisa bangun di pagi hari dalam keadaan sehat dan bugar.

Nah, saat Anda begadang, tentunya proses pembentukan imun tubuh akan terhambat atau bisa jadi makin melemah. Tak heran jika orang yang sering begadang sangat rentan mengalami sakit. (M&B/Ayu/SW/Foto: Freepik)