Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

13 Manfaat Mentimun Bagi Tubuh Anda

13 Manfaat Mentimun Bagi Tubuh Anda

Mentimun adalah salah satu sayuran yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, ia juga disebut sebagai superfood. Apa saja manfaatnya, simak di bawah ini. 
 

Menghindari Dehidrasi
Bila Anda terlalu sibuk untuk minum cukup air, makanlah mentimun yang mengandung 90 persen air, ia akan memenuhi kekurangan air di tubuh Anda.

 

Meredakan Panas dari Luar dan Dalam
Makan mentimun akan memulihkan Anda dari panas dalam. Ia juga dapat meredakan perih pada kulit Anda yang terbakar matahari, cukup dengan meletakkan potongan mentimun diatas luka yang terbakar.

 

Menyingkirkan Racun
Kandungan air pada mentimun bertindak sebagai sapu virtual, ia menyapu “limbah” dari tubuh Anda. Dengan mengonsumsinya secara teratur juga dapat menghancurkan batu ginjal.

 

Vitamin untuk Tubuh
Mentimun memiliki sebagian besar vitamin yang dibutuhkan tubuh dalam satu hari. Vitamin A,B dan C pada mentimun berguna untuk meningkatkan energi, sistem kekebalan tubuh dan membuat kulit terlihat lebih cerah.

 

Sarat Mineral
Mentimun mengandung mineral seperti potasium, magnesium dan silikon yang tinggi dan penting bagi tubuh.

 

Baik untuk Pencernaan & Penurunan Berat Badan
Karena mengandung kadar air yang tinggi namun rendah kalori, maka mentimun sangat ideal untuk menurunkan berat badan. Mengunyah mentimun juga merupakan latihan rahang yang baik, dan serat di dalamnya sangat bagus untuk pencernaan. Mengonsumsinya setiap hari juga dapat meringankan  sembelit kronis.

 

Mengecilkan Kantung Mata
Meletakkan irisan mentimun dingin di atas mata dapat membantu mengecilkan kantung mata dan meredakan mata bengkak karena sifatnya yang anti inflamasi.

 

Melawan Kanker
Mentimun mengandung secoisolariciresinol, lariciresinol dan pinoresinol yang dapat menurunkan risiko beberapa jenis kanker, termasuk ovarium, payudara, prostat, dan kanker rahim.

 

Mentimun Menyembuhkan Diabetes, mengurangi kolesterol dan mengontrol tekanan darah
Jus mentimun mengandung hormon yang dibutuhkan oleh sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin  yang bermanfaat bagi pasien penderita diabetes. Para peneliti telah menemukan bahwa senyawa yang disebut sterol dalam ketimun dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Mentimun juga mengandung banyak serat, kalium dan magnesium. Nutrisi ini bekerja secara efektif untuk mengatur tekanan darah. Itu sebabnya mentimun baik untuk mengobati tekanan darah tinggi dan tekanan darah rendah.

 

Menyegarkan Mulut
Letakkan sepotong ketimun dan tekan ke langit-langit mulut dengan lidah Anda selama setengah menit, fitokimia akan membunuh bakteri di mulut Anda yang bertanggung jawab menyebabkan bau yang tidak sedap. Jus mentimun juga dapat meredakan gusi yang sakit.

 

Melembutkan Rambut & Kuku
Mineral Silica yang terkandung dalam mentimun akan membuat rambut dan kuku bersinar dan lebih kuat. Belerang dan silica dalam ketimun juga membantu merangsang pertumbuhan rambut Anda.

 

Sendi Sehat
Kandungan Silica pada mentimun juga sangat baik untuk kesehatan sendi dan memperkuat jaringan ikat. Ketika dicampur dengan jus wortel, mentimun juga dapat meredakan encok dan nyeri artritis dengan menurunkan kadar asam urat pada tubuh.

 

Menjaga Kesehatan Ginjal
Mentimun juga dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh Anda dan menjaga kesehatan ginjal.
(Tammy/DT/Dok. Sxc.hu)