Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Atasi Stres di Kantor dengan Meditasi

Atasi Stres di Kantor dengan Meditasi

Banyaknya kegiatan yang harus dilakukan setiap hari, seperti menyiapkan keperluan anak dan suami, mengontrol isi kulkas, mengurus kebutuhan rumah tangga, ditambah keharusan untuk menyelesaikan pekerjaan kantor, membuat kemungkinan ibu bekerja mengalami stres lebih tinggi dibandingkan orang lain. Jika tidak ditangani dengan baik, stres ini akan terus berkembang dan akhirnya mengganggu kinerja ibu di kantor maupun di rumah. Untuk itu, ibu perlu waktu untuk relaksasi agar stres berkurang.

 

Sebuah penelitian medis telah membuktikan bahwa metode meditasi mampu membalikkan respon stres di tubuh Anda dan memicu respon relaksasi tubuh secara alamiah. Ada beberapa tehnik meditasi yang dapat Anda lakukan di mana saja dan hanya butuh waktu beberapa menit sampai tubuh Anda kembali rileks dan terhindar dari stres.

 

1. Lakukan Pernapasan Perut
Letakkan kedua tangan Anda di atas perut, tarik napas dalam sebanyak 5 sampai 10 kali dan pastikan perut Anda menggembung saat menarik napas. Hal tersebut akan memaksa otot diafragma Anda turun sehingga paru-paru dapat mengambil lebih banyak udara dan membuat tubuh Anda menjadi lebih tenang.

 

2. Relaksasikan Otot Tubuh
Pejamkan mata dan fokuskan perhatian pada otot wajah Anda. Tarik napas dalam dan hembuskan perlahan sambil membayangkan wajah Anda menjadi rileks. Lalu, pusatkan perhatian ke bagian leher dan pundak, tarik napas dalam dan hembuskan sambil membayangkan seluruh ketegangan yang Anda rasakan menghilang. Ulangi pernapasan tersebut sampai ke seluruh bagian tubuh Anda. Selain menghilangkan stres, hal ini juga berguna untuk membantu Anda mengatasi serangan kantuk berlebihan saat bekerja.

 

3. Visualisasikan Liburan Favorit
Memvisualisasikan adegan yang menyenangkan adalah cara bagus untuk menghentikan stres, salah satunya dengan mengingat kembali perjalanan liburan favorit Anda. Bayangkan bagaimana senangnya Anda menikmati sunset dipinggir pantai dan lakukan sambil merekontruksikan apa saja yang Anda lihat, dengar dan rasa saat itu.

 

4. Ucapkan Kata-Kata Favorit
Mengulangi kata-kata positif yang bertolak belakang dengan apa yang Anda rasakan sangat baik untuk mengatasi stres. Contohnya, ketika sedang marah, coba ucapkan kata “damai” berulang-ulang. Ketika sedang merasa depresi, ulangi kata “bahagia” dan ketika merasa tidak percaya diri, ulangi kata “optimis”. Ucapkan 10-20 kali sambil mengatur pernapasan agar Anda merasa lega.

 

5. Rasakan Sentuhan Sinar Matahari
Alam memberi efek yang menenangkan bagi tubuh, tetapi mungkin akan sulit bagi Anda untuk pergi ke hutan atau pantai di hari kerja. Maka, cobalah jalan-jalan keluar kantor sejenak dan rasakan bagaimana matahari menyentuh tubuh Anda serta bayangkan bagaimana sinarnya mampu melelehkan segala ketegangan yang dirasakan. Atau buka jendela kantor Anda dan rasakan hembusan angin yang bertiup untuk merelaksasikan tubuh Anda.

 

6. Rasakan Cinta & Bersyukurlah
Mengingat seseorang yang dicintai merupakan cara tepat untuk meringankan stres yang Anda rasakan. Coba pejamkan sejenak mata Anda dan bayangkan Si Kecil sedang tersenyum kepada Anda. Nikmati kebahagiaan yang Anda rasakan sambil menarik napas dalam. Lalu, ingatlah segala hal yang membuat Anda bahagia, dari teman, benda sampai pengalaman berharga, kemudian bersyukurlah. Sebab, bersyukur akan membantu meringankan beban yang Anda rasakan. (DC/Aulia/DT/dok.M&B)