Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Fungsi Gigi Susu Si Kecil

Fungsi Gigi Susu Si Kecil

Gigi susu atau sering juga disebut gigi sulung seringkali diabaikan perawatannya karena dianggap hanya sementara dan nantinya juga akan digantikan oleh gigi permanen. Anggapan ini adalah kekeliruan besar karena gigi susu yang terawat dengan baik merupakan cikal bakal geligi yang sehat dan rapi. Berikut ini alasan lainnya mengapa Anda harus lebih ‘bersemangat’ untuk merawat Si Gigi Susu:

1. Gigi susu berperan untuk mengunyah, menghaluskan makanan sehingga membantu mempermudah pencernaan dan penyerapan zat gizi.

2. Merangsang pertumbuhan tulang rahang Si Kecil dengan aktivitas mengunyah. Tugas Anda adalah memastikan Si Kecil mengunyah di kedua sisi rahang supaya merangsang pertumbuhan tulang yang seimbang.

3. Mempertahankan ruangan dalam lengkung gigi untuk persiapan tumbuhnya gigi permanen kelak.

4. Penentu arah pertumbuhan gigi permanen, misalnya karena suatu karies terpaksa gigi susu Si Kecil dicabut sebelum waktunya, maka gigi yang terletak di sampingnya akan bergeser ke tempat bekas gigi yang dicabut. Akibatnya ruangan tumbuh gigi permanen menjadi sempit  kemudian gigi akan tumbuh berjejal dan salah arah.

5. Gigi susu berperan untuk mempermudah pelafalan huruf-huruf seperti F, V, S, Z, Th. Namun jangan khawatir kesulitan pengucapan huruf-huruf ini dapat diperbaiki setelah gigi penggantinya muncul.

6. Estetika. Bayangkan jika Si Kecil tersenyum dengan gigi yang utuh dan bersih tentunya ia akan terlihat lebih menarik.  (Karina/Dok. M&B)