Type Keyword(s) to Search
TODDLER

India Rentan Kematian Balita

India Rentan Kematian Balita

Sebuah penelitian di India menemukan fakta menyedihkan tentang angka kematian balita yang tinggi di negara ini. Dan yang mengejutkan, 5 penyebab kematian anak-anak di bawah usia lima tahun ini adalah penyakit-penyakit yang sebenarnya dapat dihindarkan seperti pneumonia, kelahiran prematur atau berat badan bayi rendah, diare, infeksi pasca-kelahiran, dan trauma pasca-kelahiran. Hasil penelitian ini dimuat dalam jurnal kesehatan The Lancet dan dirilis oleh Reuters.

 

Kebanyakan kematian balita di India terjadi di rumah karena mereka tidak mendapatkan perawatan kesehatan yang layak. Survei yang dilakukan terhadap 24.841 keluarga yang balitanya meninggal ini juga menunjukkan bahwa kematian anak perempuan berusia 0-59 bulan lebih banyak 36 persen daripada kematian anak laki-laki di rentang usia yang sama. “Ini terjadi karena di India menganut sistem patrilineal sehingga anak laki-laki lebih berpeluang untuk mendapatkan jaminan kesehatan dibanding anak perempuan,” ujar para peneliti.

 

Untuk mengantisipasi masalah ini, mereka mengimbau agar pemerintah India menyediakan vaksin untuk mencegah pneumonia dan diare. Dan vaksin ini diberikan dengan mendatangi rumah-rumah penduduk agar hasil yang dicapai lebih maksimal. (LD/Aulia/DT/dok.freedigitalphotos)