Type Keyword(s) to Search
BABY

Aman Saat Si Kecil Merangkak

Aman Saat Si Kecil Merangkak

Saat bayi mulai banyak bergerak, dibutuhkan lingkungan rumah yang aman untuknya. Anda perlu peka terhadap peralatan atau alat rumah tangga lain yang berpotensi untuk membahayakan Si Kecil saat melakukan aksinya. Cara yang terbaik untuk mengetahui bahaya tersembunyi dari peralatan rumah tangga ini adalah; ambil posisi merangkak dan mulailah melihat sekeliling rumah dari sudut pandang Si Kecil. Lakukan ini sebelum ia terlalu lincah bergerak, jadi Anda punya banyak waktu untuk membereskan bahaya-bahaya yang ada.

 

1. Periksalah lantai dari potongan benda yang tajam, seperti kayu, kaca, batu, dan benda tajam lain yang terperangkap di lantai atau karpet.
2. Apabila Anda tinggal di rumah yang cukup tua, terkadang cat tembok sudah mulai terkelupas. Rajinlah menyingkirkan serpihan-serpihan cat ini agar tidak termakan oleh Si Kecil.
3. Anda juga harus menjaga kebersihan lantai, terutama dari debu. Jangan sampai ia memasukkan tangannya yang terkena debu ke dalam mulut.
4. Pasanglah pelindung pada stop kontak listrik.
5. Pasang pelindung di tiap sudut lancip pada tiap perabotan atau ruangan rumah.
6. Periksalah lampu meja atau peralatan rumah tangga lain yang bisa digapai Si Kecil dan ditarik olehnya.
7. Hindari menggunakan taplak meja karena ia pasti berusaha untuk menariknya.
8. Pindahkan benda-benda berukuran kecil dari lantai atau dari rak-rak rendah di sekitar rumah, agar tidak ditelan olehnya.
9. Pindahkan semua pajangan rumah yang bersifat pecah belah dan ringan, seperti tanaman.
10. Jika Anda menggunakan pintu kaca, pastikan terbuat bahan yang tidak mudah pecah dan aman.
11. Pasanglah kayu atau besi pembatas pada tangga.
12. Kuncilah semua laci, lemari, dan kulkas, terutama lemari dan laci yang berisi perlengkapan pembersih dan berbahan kimia.
13. Bila Anda kesulitan untuk 'mengamankan' semua rumah, buatlah ruang sendiri untuk Si Kecil merangkak, dan batasi ruang itu dengan kayu atau besi pembatas.
14. Kamar mandi dan dapur adalah 2 tempat berbahaya. Pastikan ia selalu ditemani ketika ada di ruangan ini.
15. Pengamanan apapun yang Anda lakukan, tetap yang terpenting saat Si Kecil merangkak adalah pengawasan dari Anda.

 

(OCH/dok.MBUK)