Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Udara Bersih untuk Si Kecil (2)

Udara Bersih untuk Si Kecil (2)

Ada berbagai bahaya dalam udara yang dihirup Si Kecil setiap harinya. Berikut beberapa zat berbahaya yang terdapat di udara dan harus dihindarkan dari Si Kecil.

 

- Nitrogen Monoksida
Merupakan gas hasil pembuangan kendaraan bermotor. Gas inilah yang menjadi ancaman utama anak-anak yang tinggal di kota besar. Apa saja dampak gas ini bagi kesehatan? Dikutip dari situs news-medical, bayi yang terpapar asap kendaraan dalam intensitas dan kuatitas yang tinggi, berisiko terkena bronkhitis. Dan penelitian dari Columbia University, bayi yang tinggal dalam radius 50 meter dari jalan raya mengalami peningkatan risiko sebanyak enam persen dibandingkan anak lain yang tinggal jauh dari jalan raya. Selain bronchitis, gas ini juga dapat melemahkan paru-paru sehingga mudah terserang infeksi.

 

- Partikel Debu
Selain gas, partikel-partikel kecil seperti debu pun termasuk zat polutan yang berbahaya bagi kesehatan. Debu dibagi menjadi debu domestik, debu hasil industri, dan debu hasil pembuangan kendaraan bermotor. Paparan debu yang berlebihan pada anak dapat mengakibatkan penurunan kemampuan otak, iritasi mata, alergi, bronchitis dan penyakit paru-paru. Debu hasil pembuangan kendaraan bermotor menimbulkan risiko yang lebih berbahaya lagi karena dapat meracuni sistem pembentukan sel darah merah.

 

- Uap Lain
Termasuk uap yang dihasilkan oleh produk pewangi ruangan, pembasmi serangga dan nyamuk, serta cat dinding. Apabila Anda menggunakan prdouk-produk ini di dalam rumah, pastikanlah bahwa produk ini mengandung zat-zat yang aman bagi kesehatan, seperti penggunaan cat tembok yang berbahan dasar air, dan pemilihan thinner cat yang dibuat dari minyak tanaman. Jangan gunakan produk ini di dekat si kecil dan letakkanlah di tempat yang tidak bisa dijangkau olehnya.

 

- Formaldehyde
Merupakan bahan yang banyak digunakan di beberapa perlengkapan rumah tangga, seperti karpet, triplek, dan kayu lapis. Menghirup gas ini dalam jumlah besar dapat menimbulkan rasa pusing, mual, dan masalah pernapasan lain. Sebelum membeli perlengkapan rumah tangga, pastikan bahwa produk yang Anda pilih tidak mengandung formaldehyde, karena gas ini pun terbukti sebagai salah satu penyebab kanker terbesar pada binatang.

 

- Bakteri, jamur, dan virus
Jamur khususnya banyak hidup di daerah lembap. Jadi, pastikan tidak ada bagian rumah Anda yang cukup lembap untuk habitat jamur. Untuk Si Kecil yang daya tahan tubuhnya masih belum sempurna, jamur bisa menyebabkan kesulitan bernapas dan penyakit pernapasan lain. Anda pun harus waspada dengan penggunaan AC di rumah, karena di beberapa ruangan ber-AC dijumpai pencemaran udara berupa bakteri dan virus yang mengakibatkan penyakit pernapasan.

(OCH/ Dok. Free Digitalphotos)