Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Tauge Tingkatkan Kesuburan, Fakta atau Mitos?

Tauge Tingkatkan Kesuburan, Fakta atau Mitos?

Hingga saat ini tauge masih dipercaya sebagai bahan makanan yang dapat meningkatkan kesuburan. Bahkan di setiap daerah, tauge masih menduduki peringkat pertama sebagai sayuran peningkat kesuburan yang paling ampuh.

 

Tauge merupakan kecambah yang berasal dari biji-bijian, seperti kacang hijau. Kecambah diperoleh setelah biji diproses selama beberapa hari. Walaupun bentuk tauge lebih kecil dibandingkan dengan jenis sayur lainnya, namun tumbuhan yang tergolong sayuran ini memiliki kandungan dan manfaat yang sangat besar. Tauge jenis apapun mengandung senyawa fitokimia yang sangat berkhasiat.

 

Menurut situs abc.net.au, mitos yang beredar bahwa tauge dapat meningkat kesuburuan, memang benar adanya. Sebab tauge mengandung vitamin B6, yaitu salah satu nutrisi yang penting dalam mengatur hormon reproduksi. Tauge juga mengandung vitamin E dan anti-oksidan yang sangat berkhasiat untuk kesuburan. Tidak hanya itu, protein yang dikandung tauge, 19% lebih banyak dibandingkan biji aslinya. Hal tersebut disebabkan, selama proses menjadi kecambah, terjadi pembentukan asam amino esensial yang merupakan penyusun utama protein.

 

Itulah fakta dibalik mitos tauge. Namun perlu Anda ketahui juga bahwa mengonsumsi tauge saja tidak cukup, karena masih ada banyak nutrisi lainnya yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan kehamilan seperti asam folat, zat besi, vitamin C dan E. (Tammy/DT/Dok. Freedigitalphotos)