Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Makanan Wajib Sebelum Bersalin

Makanan Wajib Sebelum Bersalin

Pada trimester akhir kehamilan, ibu hamil kerap 'membalas dendam' dengan menjadi pemakan segala. Hal ini dilakukan dengan alasan 'mempersiapkan tenaga' menjelang persalinan. Padahal mendekati waktu melahirkan, Anda justru harus menerapkan pola makan yang baik dengan asupan nutrisi yang tepat.

 

Hal ini senada dengan yang disampaikan Dr. Nicole Avena, neuroscientist, asal Inggris. Menurutnya, pemilihan gizi yang tepat dapat mengurangi masalah kehamilan di trimester akhir, membantu mempersiapkan tubuh untuk menghadapi persalinan, dan mengoptimalkan perkembangan janin. Beberapa makanan berikut wajib Anda konsumsi menjelang persalinan!

 

Kiwi
Kiwi kaya akan vitamin C dan serat yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh, serta membuat Anda lebih fit. Vitamin C juga dapat melindungi Anda dari serangan infeksi. 

 

Sarden dan salmon
Dalam mempersiapkan kualitas ASI untuk Si Kecil nantinya, konsumsilah makanan yang kaya DHA secara rutin, seperti sarden dan salmon. Makanan tersebut akan menghasilkan DHA yang lebih tinggi dalam ASI Anda dan juga bermanfaat bagi perkembangan otak bayi.  

 

Apel dan Pisang
Konsumsi buah-buahan yang menambah energi Anda, seperti pisang atau apel. Selain memberikan rasa manis, apel dan pisang juga mengandung vitamin dan mineral. (Aulia/DC/Dok. M&B)