Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Gejala yang Mirip Kehamilan

Gejala yang Mirip Kehamilan

Kehamilan memiliki gejala-gejala tertentu, yang sebenarnya sangat umum. Jadi, mungkin saja Anda mengalami tanda yang identik dengan kehamilan, tetapi ternyata mengindikasikan hal lain, seperti berikut.

 

1. Terlambat Haid
Gejala ini paling khas dikaitkan dengan kehamilan. Namun, ternyata ada penyebab lain yang bisa memicu terjadinya terlambat haid, seperti stres, kelelahan, masalah hormonal, berhenti KB, berat badan berlebih, atau menyusui.

 

2. Mual dan Muntah
Gejala ini juga dikaitkan dengan masa awal kehamilan. Padahal, stres, gangguan pencernaan, dan keracunan makanan juga bisa menyebabkan mual dan muntah.

 

3. Rasa Lelah Berlebihan
Stres, flu, depresi, dan anemia bisa membuat Anda merasa sering kelelahan yang berlebihan. Cek ke dokter untuk memastikannya.

 

4. Payudara Mengeras
Payudara Anda bisa terasa keras karena ketidakseimbangan hormonal. Biasanya hal ini juga terjadi saat menjelang haid atau pengaruh pemakaian pil KB.

 

5. Sering Buang Air Kecil
Ibu hamil memang kerap lebih sering timbul keinginan buang air kecil. Namun, gejala ini bisa menjadi gejala menderita diabetes dan infeksi saluran kencing. (SR/Aulia/DC/Dok. M&B)

 

BACA JUGA: Sering Mual di Pagi Hari? Kenali Penyebabnya!