Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Cybersickness Mengintai Anak yang Gemar Bermain Games di Smartphone

Cybersickness Mengintai Anak yang Gemar Bermain Games di Smartphone

Bahasan mengenai dampak negatif penggunaan smartphone atau gadget pada anak bukan hal yang baru. Namun, belum lama ini para ilmuwan menemukan adanya suatu kondisi buruk mengenai penggunaan smartphone berlebihan. Kondisi itu disebut cybersickness dan dikatakan telah memengaruhi sekitar 80 persen populasi pengguna smartphone. Cybersickness menimbulkan efek buruk, seperti pusing, mual, dan gangguan keseimbangan tubuh.

 

Beberapa studi menemukan bahwa anak yang sering bermain games di smartphone lebih mudah terkena cybersicknees, karena waktu penggunaan yang cukup lama. Kondisi cybersickness hampir sama seperti mabuk, namun penyebabnya adalah pergerakan di layar, tetapi sering kali tidak disadari oleh Si Kecil. Efek ini biasanya terjadi saat ia bermain game balapan atau game dengan pergantian gambar yang cepat.

 

Faktor lain yang bisa memicu cybersickness adalah seberapa realistis gambar yang ditampilkan di layar smartphone. Menurut Thomas Stoffregen, profesor di University of Minnesota, semakin realistis tampilannya, semakin mudah pula Si Kecil terkena cybersickness. (Deonisia/DC/Dok. M&B)