Type Keyword(s) to Search
BABY

Nutrisi Seimbang Sempurnakan Periode Emas Si Kecil

Nutrisi Seimbang Sempurnakan Periode Emas Si Kecil

Moms, 2 tahun pertama kehidupan Si Kecil atau disebut periode emas adalah masa yang sangat penting baginya. Pada periode ini, ia mengalami pembentukan organ vital, perkembangan kognitif, serta pematangan sistem pencernaan dan sistem imun. Jaringan otak Si Kecil juga berkembang menjadi sangat kompleks.

 

Menurut dr. Aman Pulungan, Sp.A(K), walaupun tingkat kecerdasan dan tinggi badan Si Kecil dipengaruhi oleh potensi genetis, nutrisi yang diberikan selama periode emas juga berperan penting. Nutrisi tersebut mendukungnya untuk tumbuh sehat, tinggi, dan cerdas.

 

“Makanan yang membuat pintar memang tidak ada. Itulah mengapa, semuanya harus diberikan secara seimbang untuk mendukung tumbuh-kembang anak. Kalau ada karbohidrat, berarti juga harus ada protein, lemak, vitamin, dan mineral,” kata dr. Aman pada acara bincang sehat dalam menyambut Hari Anak Sedunia Sabtu (4/6).

 

Dokter Aman menambahkan, untuk anak di bawah 6 bulan, lemak harus berasal dari ASI, karena mengandung 55 persen lemak yang penting bagi pembentukan otak. Selain nutrisi, dr. Aman juga menekankan hal penting lainnya yang harus Anda pantau selama periode emas Si Kecil, seperti imunisasi, waktu tidur, bermain, dan stimulasi. (Nadia/DC/Dok. M&B)