Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

4 Trik Jitu Mengatur Pola Makan Setelah Lebaran

4 Trik Jitu Mengatur Pola Makan Setelah Lebaran

Makanan bersantan dan daging-dagingan menjadi salah satu menu andalan yang dihidangkan di momen Lebaran. Boleh jadi, Anda pun tergoda menyantapnya bahkan dalam porsi yang berlebihan seiring selera makan yang meningkat. Akan tetapi, terlalu banyak menyantap makanan tinggi lemak tentu tidak baik untuk kesehatan. Selain berat badan bertambah, Anda juga bisa terkena penyakit seperti hipertensi, diabetes dan penyakit lain seperti diare dan maag.

 

Nah, pasca Lebaran ada baiknya Moms kembali hidup sehat, dengan mengatur pola makan dengan baik. Berikut tips mengatur pola makan yang wajib Anda praktekkan!


1) Banyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan
Usahakan Moms mengonsumsi sayur dan buah setiap hari. Dengan mengonsumsinya, pencernaan akan kembali membaik karena sayur dan buah mengandung banyak serat. Sebagai variasi, Moms bisa membuat salad campuran buah dan sayur.


2) Hindari makanan berlemak dan bersantan
Pasca Lebaran, sebaiknya hindari menyantap makanan rumahan yang tinggi lemak dan dibuat dari santan. Cukup menikmatinya saat Lebaran saja ya, Moms. Kalau Anda tidak bisa menahan diri, maka berat badan kemungkinan terus naik dan semakin berisiko terkena penyakit.


3) Jangan mengonsumsi junkfood
Sebenarnya Anda tidak dianjurkan mengonsumsi junkfood meskipun di hari biasa, karena tergolong makanan nirnutrisi. Pasca Lebaran pun sama, meski sangat tergoda, tapi jangan mengonsumsinya dulu ya, Moms.


4) Memasak makanan sendiri
Lebih baik memasak makanan sendiri, daripada membelinya di luar, karena Moms tidak pernah tahu bahan-bahan yang digunakan dalam masakan yang dibeli. Jika dibuat sendiri di rumah, Moms bisa memasak makanan yang lebih bersih dan sehat.
(Meiskhe/HH/dok.Freepik)