Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Yuk, Kenali Karakter Keuangan Anda!

Yuk, Kenali Karakter Keuangan Anda!

Moms, apakah Anda tipe orang yang boros, hemat, atau mudah tergiur iming-iming berutang? Ya, ternyata setiap orang memiliki karakter atau kepribadian tersendiri terkait finansial atau keuangan. Nah, yuk cek karakter keuangannya di sini!

 

PEMBOROS

Karakter pemboros bisa dikenali dengan ciri-ciri doyan membeli berbagai barang atau benda yang bagus dengan harga yang wah. Nah, Anda termasuk dalam kelompok ini bila senang membeli mobil mewah, gadget terbaru, dan pakaian bermerek. Si Pemboros termasuk orang yang fashionable dan ingin menjadi pusat perhatian. Tawar-menawar tidak ada dalam kamusnya. Baginya, tidak masalah mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk membeli sesuatu.

Saran: Tak masalah kalau Anda masih senang berbelanja, tapi cobalah untuk mencari barang-barang dengan nilai jangka panjang. Jadi bukan semata-mata karena kepuasan sesaat.

 

PENGHEMAT

Tipe ini sangat berlawanan dengan Si Pemboros. Karakter ini terlihat dalam kehidupan sehari-hari, misalnya selalu mematikan lampu saat meninggalkan ruangan, berbelanja kalau perlu saja dan jarang menggunakan kartu kredit. Umumnya, Si Penghemat tidak memiliki utang sehingga sering dianggap sebagai orang pelit.

Saran: Meskipun senang berhemat, tapi tak ada salahnya sesekali berbelanja. Jangan biarkan "kesenangan" hidup lewat begitu saja di depan mata. Namun, sesuaikan dengan upaya Anda yang senang berhemat. Seperti rekomendasi Ben Franklin, "Moderasi dalam segala hal." Untuk investasi, minimalkan risiko sambil memaksimalkan hasil.

 

TUKANG BELANJA

Si Hobi Belanja memeroleh kepuasan emosional dari membelanjakan uangnya. Walau doyan belanja, ia masih suka menawar dan senang kalau mendapat barang dengan tawaran yang bagus. Tukang belanja ini sering mengeluarkan uang untuk membeli barang yang bahkan tidak akan dipakai atau belum benar-benar dibutuhkan.

Saran: Hal paling kritis bagi Si Tukang Belanja adalah mengontrol kartu kreditnya. Untuk Anda yang termasuk tukang belanja, sebaiknya berpikir terlebih dahulu sebelum membeli sesuatu, terlebih bila pembeliannya menggunakan kartu kredit. Sebagai gantinya, fokuslah terhadap upaya penghematan.

 

TUKANG UTANG

Si Tukang Utang benar-benar tidak menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan berapa dan di mana uang tersebut dibelanjakan. Anda dengan kepribadian ini, secara umum membelanjakan uangnya lebih banyak dari yang mereka peroleh sehingga mudah terjerat hutang. Yang pasti orang ini tidak terlalu memikirkan investasi.

Saran: Anda tak mau selamanya terjerat utang, bukan? Karena itu, mulai sekarang cermati keuangan Anda. Buat catatan pengeluaran untuk mengetahui berapa banyak uang yang dibelanjakan. Setelah itu, mulailah merencanakan investasi dengan bantuan tenaga profesional.

 

INVESTOR

Karakter ini ditandai dengan kesadaran yang sangat tinggi terhadap uang. Anda sangat paham atas kondisi keuangan saat ini dan mencoba membuat uangnya berputar. Si Investor cenderung mencari waktu ketika investasi pasif akan memberikan pendapatan yang cukup untuk menutupi seluruh tagihannya. Investasi yang dilakukan mencerminkan pengambilan sejumlah risiko tertentu dan mengejar targetnya.

Saran: Selamat! Secara keuangan Anda sudah melakukan hal yang bagus. Lanjutkan upaya ini dan terus edukasi diri Anda atas keuangan. (Diana/Meiskhe/HH/dok.Freepik)