FAMILY & LIFESTYLE

Wajib Tahu, Ini 7 Bahan Alami untuk Redakan Rasa Nyeri



Ketika banyak melakukan aktivitas, Anda bisa saja merasakan nyeri pada tubuh. Timbulnya rasa nyeri bisa terjadi saat Anda mengalami sakit kepala, kram saat menstruasi, sakit gigi, hingga keseleo. Dan biasanya, rasa nyeri baru teratasi setelah Moms mengonsumsi obat dari dokter. Namun, kondisi ini juga bisa diatasi dengan bahan-bahan alami. Simak penjelasan berikut ini tentang jenis makanan yang mampu menjadi obat alami untuk mengatasi nyeri, Moms.

1. Jahe

Jahe dapat menjadi obat alami untuk membantu meredakan rasa nyeri pada tubuh. Di dalam jahe terdapat kandungan asam salisilat yang mampu mengurangi rasa sakit dan tidak nyaman akibat rasa nyeri tersebut. Kram menstruasi dan tegang pada otot pun bisa mereda setelah Anda mengonsumsi air rebusan jahe yang hangat.

2. Cengkeh

Nyeri juga bisa timbul di area gigi dan gusi, misalnya saat Anda sedang sakit gigi. Namun, masalah ini bisa diredakan dengan mengunyah cengkeh. Di dalamnya terkandung eugenol, yaitu anestesi alami yang membuat cengkeh menjadi obat alami untuk penghilang rasa sakit. Anda juga bisa menggunakan minyak cengkeh yang diteteskan ke kapas dan letakkan di dekat gigi atau gusi yang terasa sakit.

3. Kunyit

Kunyit merupakan bumbu dapur yang memiliki senyawa yang bersifat antiinflamasi dan antiseptik bernama kurkumin. Senyawa ini bisa meredakan peradangan dan rasa nyeri, sekaligus mengurangi pembengkakan di area luar tubuh. Anda bisa mengonsumsi kunyit dengan mengolahnya menjadi masakan nikmat atau meminum suplemen yang mengandung kurkumin.

4. Nanas

Buah nanas juga memiliki kandungan yang dapat meredakan rasa nyeri, yaitu bromelain. Senyawa ini bisa meringankan rasa sakit pada gigi dan peradangan, bahkan membantu menurunkan berat badan. Moms bisa menikmati nanas secara langsung maupun dengan mengolahnya menjadi jus, salad, sambal, atau membuat nanas bakar.

5. Blueberry

Salah satu jenis buah berry, yakni blueberry, bisa menghilangkan rasa nyeri yang mengganggu. Buah berry ini mengandung fitonutrien yang dapat mengurangi peradangan dan mengendurkan otot yang stres. Mengonsumsi blueberry secara rutin juga dapat membantu mengatasi infeksi pada kandung kemih.

6. Ceri

Buah kecil lain, yaitu ceri memiliki kandungan antioksidan dan senyawa antiinflamasi bernama anthocyanin. Keduanya dapat bekerja untuk meredakan rasa nyeri dalam waktu yang singkat. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Moms perlu mengonsumsi 20-25 buah ceri sehingga rasa nyeri serta sakit kepala bisa mereda.

7. Kafein

Menurut penelitian, senyawa kafein dapat mengurangi rasa nyeri sekaligus memiliki efek penghilang rasa sakit. Anda bisa mendapatkannya dengan cara mengonsumsi kopi, teh, cokelat, serta minuman bersoda. Selain dari makanan tadi, Moms juga bisa mengonsumsi obat dengan kandungan kafein, namun dengan dosis yang tepat sesuai dengan rekomendasi dokter.

Meskipun begitu, jika rasa nyeri tetap muncul, Anda perlu segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut, ya. (M&B/SW/Vonia Lucky/Foto: Jcomp/Freepik)