FAMILY & LIFESTYLE

Jenis-jenis Bau yang Tidak Disukai Kucing



Kucing memang hewan yang menggemaskan dan lucu. Tapi, terkadang ada saja orang yang tidak suka didekati kucing, apalagi kucing liar.

Ada banyak alasan orang kurang menyukai kucing. Ada yang menjauhi kucing karena alergi terhadap bulunya, ada juga yang memang tidak suka dengan tingkah laku kucing.

Mengusir kucing dengan cara memukulnya tentu terkesan kasar. Namun, jangan khawatir, Anda bisa menjauhkan kucing dari rumah dengan menempatkan beberapa jenis buah, tanaman, atau bahan tertentu yang aromanya tidak disukai hewan tersebut.

Perlu diketahui, kucing memiliki daya penciuman yang tajam. Menurut Love Meow, kucing punya lebih dari 200 juta reseptor penciuman di hidungnya. Daya penciuman kucing 14 kali lebih kuat ketimbang manusia. Karena itu, kucing lebih sensitif terhadap aroma tertentu.Beberapa bau yang diketahui tidak disukai kucing, antara lain:

1. Citrus

Bau jeruk, lemon, jeruk bali, dan jenis buah citrus lainnya, termasuk jenis aroma yang tidak disukai kucing. Mengutip laman Cats Protection, disebutkan bahwa kucing bisa mengalami keracunan apabila mengonsumsi jenis buah-buahan citrus. Efek mengonsumsi buah-buahan ini bisa meliputi gangguan pencernaan, mual, dan muntah.

Karena itu, kucing akan memilih untuk menjauhi area yang ada citrus atau tercium bau buah-buahan jenis citrus. Bukan hanya buah, aroma citrus dari wewangian atau essential oil juga tidak disukai kucing.

2. Cuka

Cuka memiliki bau yang tergolong tajam dan asam. Aroma ini juga dianggap sangat mengganggu indra penciuman kucing yang sensitif.

Seperti halnya citrus, bau cuka juga terlalu kuat buat kucing dan bisa menyebabkan rasa tidak nyaman. Pasalnya, cuka memiliki komponen asam asetat yang memberikan bau kuat nan tajam. Bagi sebagian orang, bau cuka dianggap terlalu tajam. Bagi kucing, aroma tersebut makin tajam sehingga dihindari.

3. Amonia

Melansir Hello Sehat, kucing tidak menyukai bau amonia karena menyerupai bau urine kucing lain. Amonia merupakan komponen utama dalam urine, dan kucing memiliki indra penciuman yang sangat sensitif terhadap aroma ini. Bau ammonia kemungkinan mengingatkan mereka dengan wilayah teritori kucing lain atau ancaman yang potensial.

Bau amonia yang kuat juga bisa membuat kucing merasa tidak nyaman atau terintimidasi, sehingga mereka cenderung menjauh dari area yang berbau amonia. Beberapa produk pembersih juga mengandung amonia sehingga kucing mungkin akan menghindari area yang dibersihkan dengan produk tersebut.

4. Bau pedas

Aroma dari rempah-rempah seperti lada dan cabai juga biasanya tidak disukai kucing. Apalagi bau pedas yang berasal dari senyawa kimia dalam rempah-rempah bisa mengiritasi hidung dan bahkan membuat mata kucing sakit.

5. Lavender

Lavender merupakan salah satu aroma yang disukai manusia. Lain halnya bagi kucing yang memiliki indra penciuman yang sangat sensitif. Bau lavender bisa menjadi terlalu kuat dan memicu iritasi buat kucing.

Selain itu, beberapa senyawa kimia dalam lavender, seperti linalool, bisa beracun bagi kucing jika terhirup atau tertelan dalam jumlah tertentu. Karena itu, kucing akan menghindari lavender, karena baunya menandakan potensi bahaya.

6. Rosemary

Rosemary mengandung minyak atsiri dan senyawa aromatik kuat yang bisa membuat kucing merasa tidak nyaman. Beberapa komponen dalam rosemary, seperti cineole dan camphor, bisa terasa mengiritasi buat kucing jika terhirup dalam jumlah besar.

7. Kayu manis

Seperti halnya bau pedas, aroma kuat dari rempah-rempah juga termasuk yang tidak disukai kucing. Kayu manis mengandung senyawa seperti cinnamaldehyde yang memberikan aroma khasnya. Selain itu, kayu manis dalam bentuk bubuk atau minyak atsiri bisa mengiritasi kulit, hidung, atau mata kucing bila terhirup atau disentuh.

8. Cengkeh

Cengkeh mengandung eugenol, senyawa kimia dengan aroma yang tajam dan pedas. Bagi kucing yang punya indra penciuman yang jauh lebih sensitif ketimbang manusia, bau eugenol dalam cengkeh bisa sangat mengganggu. Sementara itu, cengkeh dalam bentuk minyak atsiri bisa bersifat iritan dan bahkan beracun buat kucing jika terhirup atau disentuh dalam jumlah besar.

9. Pisang

Kucing ternyata juga tidak menyukai aroma pisang, lho. Bau pisang berasal dari senyawa kimia seperti isoamyl acetate. Bagi kucing, aroma ini terasa aneh dan mungkin menghubungkannya dengan makanan yang bau atau tidak dikenal.

10. Bubuk kopi

Kopi juga memiliki aroma yang sangat kuat dan menyengat bagi penciuman kucing yang sensitif. Aromanya bahkan bisa mengiritasi dan membuat kucing merasa tidak nyaman.

11. Bawang bombay

Bawang bombay mengandung senyawa allicin dan sulfur yang bisa memberikan aroma tajam dan khas. Itulah sebabnya aroma bawang bombay tidak disukai kucing. Selain itu, bawang bombay mengandung senyawa yang berbahaya jika dikonsumsi kucing. (M&B/Wieta Rachmatia/SW/Foto: Freepik)