ASK THE EXPERT

ITP Pada Anak



Dijawab oleh: dr. Rouli Nababan, Sp.A, Kiddie Care Centre, Sunter, Jakarta Utara.

T:Anak perempuan saya yang berusia 3 tahun sering sekali mengalami luka memar, gusinya juga sering berdarah. Apakah ada kemungkinan putri saya mengalami immune thrombocytopenic purpura (ITP). Bagaimana cara menanganinya?

J: ITP merupakan kondisi sistem imun yang berbalik menyerang dan menghancurkan trombosit. Akibatnya, trombosit di dalam tubuh menjadi rendah. Gejala ITP adalah munculnya bintik merah di kulit (purpura) yang terjadi akibat terjadinya perdarahan, sering mengalami lebam, gusi berdarah, atau mimisan. Sampai saat ini, penyebab ITP belum diketahui, namun dapat dipastikan penyakit ini bukan keturunan.

ITP yang dialami anak-anak berbeda dengan orang dewasa. Pada anak, ITP sering kali terjadi setelah terpapar infeksi virus dan sebagian tidak perlu diterapi, karena dapat pulih sendiri. Namun bila jumlah trombosit sangat rendah, anak perlu segera dirawat di rumah sakit untuk diobservasi dan ditangani gejala-gejala perdarahannya. Pengobatan yang biasa diberikan bagi penderita ITP adalah pemberian steroid (prednison) dan gamma globuin. (K/Sagar/DC/Dok. M&B UK)