Type Keyword(s) to Search
ASK THE EXPERT

Mengatasi Kutu Si Kecil

Mengatasi Kutu Si Kecil

Oleh:  dr. Widodo Judarwanto, SpA, Spesialis Dokter Anak, RS. Bunda

 

T: Saya baru tahu di playgroup #balita saya, ada temannya yang kepalanya kutuan. Saya takut anak saya bisa ikut tertular. Bagaimana mencegah supaya tidak tertular? Kalau sampai ia tertular, apa yang harus saya lakukan?

 

J:  Kutu kepala adalah serangga sangat kecil yang hidup di kulit kepala. Kutu ini berkembang biak dengan cepat. Kutu betina akan mengeramkan telurnya dalam kantung-kantung yang menempel pada rambut dan akan menetas dalam 7-10 hari. Kutu ini menyebar dengan kontak langsung antara kepala dengan kepala. Ia tidak dapat terbang atau melompat ke kepala anak lain. Karena anak-anak ketika bermain umumnya sangat berdekatan dan menempelkan kepala satu sama lain, maka penularan sari satu anak ke anak lain sangat umum terjadi.

 

Untuk menghilangkan kutu, cuci rambut anak Anda, dan ulaskan conditioner. Lalu sisirkan rambutnya dengan sisir rapat (khusus untuk membersihkan kutu) dari pangkal rambut ke ujungnya. Setiap kali setelah menyisirkannya, usap dan bersihkan sisir, angkat kotoran yang menempel di sisir. Anda bisa menggunakan lotion untuk membunuh kutu yang dioleskan pada rambut. Ada juga bisa menghilangkan kutu dengan cara menyisirkan rambut secara rutin setiap 2-4 hari selama 2 minggu sampai semua kutu dan telurnya hilang. (M&B)