Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Tidur dengan Rambut Basah Tidak Baik untuk Kesehatan!

Tidur dengan Rambut Basah Tidak Baik untuk Kesehatan!

Moms, setelah seharian sibuk dengan berbagai aktivitas hingga menjelang malam, Anda tentunya ingin langsung beristirahat. Namun, agar bisa tidur nyenyak, Anda pasti ingin mandi dan membersihkan diri terlebih dahulu, termasuk mungkin keramas. Dengan tubuh yang bersih, tentu saja istirahat akan terasa lebih nyaman buat Anda. Setuju kan, Moms?

Akan tetapi, sebelum Anda terlelap dalam tidur, Anda perlu memastikan terlebih dahulu bahwa rambut Anda tidak basah lagi saat hendak berbaring di tempat tidur. Kenapa? Ternyata, membiarkan rambut tetap dalam kondisi basah saat tidur memiliki sejumlah efek yang kurang baik untuk kesehatan lho, Moms. Apa saja itu? Berikut ini penjelasannya.

1. Sakit kepala

Rambut yang basah bisa menyebabkan kelembapan dan membuat Anda sakit kepala. Jika Anda memutuskan untuk membungkus rambut dengan handuk, hal itu pun hanya akan membuatnya makin parah, karena kelembapan dipertahankan dalam jangka waktu yang lebih lama. Kelembapan di kepala akan berpengaruh pada sirkulasi darah di kulit kepala dan bahkan meningkatkan ketegangan yang bisa menyebabkan rasa sakit di kepala sehingga malah hanya akan mengganggu tidur Anda.

2. Alergi dan pilek

Kelembapan yang disebabkan oleh rambut yang masih basah ketika Anda tidur bisa berakibat pada perubahan suhu tubuh Anda. Perubahan suhu tubuh ini selanjutnya akan berimbas pada melemahnya sistem kekebalan tubuh Anda sehingga memicu timbulnya alergi dan pilek, karena virus dan bakteri jadi lebih mudah menyerang dan masuk ke dalam tubuh.

3. Nyeri otot

Perubahan suhu yang dihasilkan tubuh akibat kelembapan pada rambut Anda tidak hanya bisa menyebabkan gangguan pada sirkulasi darah di kulit kepala, tapi juga berakibat pada meningkatnya ketegangan otot tubuh. Jadi, tak usah heran jika Anda tidur dengan rambut basah, saat bangun keesokan harinya Anda bisa saja merasakan nyeri otot lho, Moms.

4. Iritasi di kulit kepala

Membiarkan rambut tetap dalam keadaan basah saat tidur juga akan meningkatkan risiko iritasi di kulit kepala karena kondisi lembap merupakan lingkungan yang ideal bagi mikroorganisme untuk berkembang biak. Dilansir dari Time, Dr. Adam Friedman, profesor dermatologi di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan George Washington University, AS, mengatakan bahwa rambut basah dapat mengakibatkan iritasi kulit. Saat air di rambut menguap, hal ini bisa menyebabkan kekeringan di kulit kepala Anda dan bisa berakibat pada terjadinya iritasi.

5. Menyebabkan rambut rusak

Kondisi rambut yang dibiarkan basah saat Anda tidur juga akan bisa membuat rambut Anda nantinya rusak lho, Moms. Rambut akan lebih mudah patah dan rontok, terutama jika Anda langsung menjepit atau menguncir rambut Anda yang masih basah. Selain itu, menurut Olga Gilbert, penata rambut di J. Russel Salon, Palm Desert California, AS, tidur dengan rambut yang masih basah juga akan berpengaruh pada keindahan rambut keesokan paginya. Rambut akan lebih sulit diatur dan tak bisa ditata, sehingga membuat Anda tak bisa tampil dengan rambut yang indah.

Baca juga: Awas, 8 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Rambut Rontok Berlebihan, Lho!

(M&B/SW/Foto: Freepik)