Type Keyword(s) to Search
ASK THE EXPERT

Suami Minta Istri Berhenti Bekerja, Mesti Bagaimana?

Suami Minta Istri Berhenti Bekerja, Mesti Bagaimana?

T: Suami meminta saya untuk berhenti bekerja dan fokus mengurus anak di rumah, padahal penghasilan suami saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan bulanan kami. Apa yang sebaiknya saya lakukan?

J: Sebelum memutuskan untuk berhenti bekerja mengikuti keinginan suami, coba jabarkan terlebih dahulu, apa yang menjadi konsekuensi kalau Anda berhenti bekerja.

Cobalah untuk menjabarkan secara rinci konsekuensi positif maupun negatif. Kemudian perdalam lagi permasalahan yang mungkin muncul dari konsekuensi negatif tersebut. Kalau memang Anda merasa penghasilan suami saja tidak cukup memenuhi kebutuhan bulanan keluarga Anda, maka coba diperjelas lagi kebutuhan apa saja yang akan tidak terpenuhi jika Anda berhenti bekerja.

Hal lain yang juga bisa Anda lakukan adalah mencari solusi lain untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut. Selain itu diskusikan lagi juga dengan suami Anda, apa yang membuat ia berpikir supaya Anda berhenti bekerja dan fokus mengurus anak di rumah.

Diskusikan apa yang ingin dicapai oleh suami jika Anda melakukan hal tersebut. Kemudian diskusikan juga dengan suami bagaimana cara mengatasi kendala-kendala yang mungkin akan dihadapi bersama, seperti pemenuhan kebutuhan-kebutuhan tersebut.

Intinya, pasti akan ada konsekuensi dari permintaan suami tersebut. Nah, yang perlu disepakati adalah bagaimana kedua belah pihak mengatasi konsekuensi tersebut.

Dijawab oleh Dessy Ilsanty, M.Psi, Psikolog. (M&B/TW/SW/Dok. Freepik)