Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Tips Membangun Harga Diri Anak untuk Bantu Kepercayaan Dirinya

Tips Membangun Harga Diri Anak untuk Bantu Kepercayaan Dirinya

Harga diri merupakan sebuah nilai secara keseluruhan dari seorang individu mengenai dirinya. Harga diri tidak hanya berlaku buat orang dewasa, anak-anak pun juga memiliki harga diri. Harga diri anak akan sangat tergantung dari apa yang didengar dari orang lain tentang dirinya. Misalnya, jika orang tua sering mengucapkan kata-kata positif, anak akan merasa bangga dan otomatis harga dirinya menjadi tinggi sehingga ia akan lebih percaya diri.

Berikut tips dalam membangun harga diri anak yang akan membantu meningkatkan kepercayaan diri buah hati Anda.

Baca juga: Moms, Ketahui Kalimat Ampuh agar Anak Patuh

Ajarkan anak betapa pentingnya memiliki harga diri

Harga diri merupakan hal yang penting bagi semua orang, termasuk untuk anak. Harga diri berhubungan dengan martabat, nama baik, dan juga kehormatan seseorang serta keluarganya. Seperti yang disebutkan, memiliki harga tinggi akan membuat tingkat kepercayaan diri anak juga meningkat. Selain itu, pentingnya memiliki harga diri membuat anak:

* Tidak akan mudah dikecilkan

* Dihormati dan disegani setiap orang

* Dihargai pendapatnya

* Dipercaya dan bisa menjadi sumber orang untuk bertanya atau dimintai pendapat.

Dengan mempunyai kesadaran akan pentingnya harga diri, anak akan bisa menjaga martabat orang tua, keluarga, hingga harga dirinya sendiri dengan sebaik-baiknya.

Baca juga: Cara Jitu Berkomunikasi dengan Si Kecil

Mulai menghargai anak sejak ia masih kecil


Ketika lahir, setiap orang sudah memiliki harga diri termasuk juga bayi baru lahir. Anak akan merasa dihargai oleh orang tuanya jika ia diperlakukan dengan baik. Salah satunya dengan memenuhi kebutuhan dasar yang ia perlukan, seperti diberi makan, dimandikan, digantikan popoknya, hingga kebutuhan lainnya.

Namun jika anak tidak diperlakukan dengan baik, seperti banyak kasus anak yang ditelantarkan, hal tersebut akan membuat anak menilai dirinya rendah sehingga ia akan merasa tidak dihargai. 

Baca juga: Trik agar Anak Mau Mendengar Anda

Memberikan pengarahan dan penjelasan jika harga diri harus dijaga

Nathaniel Branden, seorang psikoterapis dan penulis buku terkenal, menyimpulkan bahwa harga diri sangat berkaitan erat dengan tingkat kepercayaan diri anak. Jika direndahkan atau bahkan dihina, maka secara otomatis kepercayaan dirinya akan menurun. Sedangkan ketika dipuji dan juga dihargai, tingkat kepercayaannya pun ikut tinggi.

Jadi Moms, pastikan selalu memberikan pendidikan anak dengan mengapresiasi apa pun yang dilakukan olehnya. Jika memang hal itu baik, maka selalu berikan ia dukungan. Namun, jika memang itu tidak baik, maka tegur dengan cara yang baik dan juga berikan pengarahan sekaligus pembelajaran agar ia tidak mengulanginya kembali. 

Baca juga: 7 Cara Ajarkan Anak Bertanggung Jawab

Membantu anak mengetahui bagaimana cara membangun harga dirinya

Moms bisa mencoba tips membangun harga diri anak berikut ini:

1. Memberikan saran kepada anak untuk bermain hal baru sekaligus membiarkan anak mengeksplorasi hal yang baru ia temukan.

2. Berikan kesempatan untuk anak melakukan atau mengerjakan sesuatu hal sendiri. Bisa mengerjakan hal atau tugas dengan usaha dan upayanya sendiri akan menjadi poin penting dalam membangun harga diri anak.

3. Sisihkan waktu Moms untuk mengajarkan anak dengan hal-hal yang baru bagi dirinya meskipun sederhana, seperti mengikat tali sepatu, mencuci piring, menyapu, merapikan tempat tidur, dan hal lainnya.

4. Jangan cegah anak ketika ia akan membantu Anda melakukan berbagai kegiatan. Pada dasarnya, anak paling suka membantu orang tua ketika mengerjakan hal apa pun. Hal ini akan membuatnya merasa dihargai.

5. Ikut tertawa di setiap lelucon yang anak buat untuk menghibur orang tua. Dengan melihat Moms memberikan respons positif, hal ini akan membantu dalam meningkatkan harga diri pada anak. (Hafif Rahman/SW/Dok. Freepik)