Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Wajib Tahu! Ini Ragam Manfaat Makanan Berwarna Ungu

Wajib Tahu! Ini Ragam Manfaat Makanan Berwarna Ungu

Moms, Anda mungkin sering disarankan untuk mengonsumsi makanan yang berwarna hijau, seperti brokoli atau bayam, karena memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Namun, sayuran berwarna lain, seperti ungu, ternyata juga punya banyak manfaat dan kaya nutrisi, lho.

Sayuran dan buah berwarna ungu yang bisa Anda olah di antaranya adalah kol, kale, terung, ubi, bit, anggur, blueberry, bahkan hingga jagung dan beras ungu. Penasaran apa saja manfaat dari bahan makanan serba warna ungu tersebut? Intip penjelasan lengkapnya berikut ini, Moms.

Baca juga: Cara Memasak Sayuran yang Benar agar Nutrisi Tak Hilang

1. Mencegah obesitas

Bahan makanan yang serba ungu mengandung antosianin yang memiliki efek pada berat badan. Hal ini ditemukan terutama pada ubi jalar ungu. Fungsinya adalah untuk mengontrol kadar leptin. Leptin sendiri merupakan hormon yang membuat seseorang makan lebih banyak.

2. Menurunkan risiko kanker

Kandungan antosianin, khususnya dalam blueberry mampu mencegah pertumbuhan sel kanker payudara. Penelitian lain menyebutkan bahwa kandungan ini juga bisa memperlambat pertumbuhan kanker lainnya, seperti kanker prostat hingga kanker usus besar.

3. Menjaga fungsi otak

Studi yang dilakukan peneliti lainnya juga menyebutkan bahwa dengan mengonsumsi buah berwarna ungu, Anda bisa memiliki hasil tes kognitif yang lebih baik. Hal ini dipengaruhi oleh antosianin yang bisa mencegah penurunan sistem saraf yang berkaitan dengan memori dan menguatkan fungsi otak.

Baca juga: 10 Sayuran Terbaik untuk Ibu Menyusui

4. Baik untuk kesehatan jantung

Otot jantung dan pembuluh darah yang bisa rusak karena oksidatif dapat dilindungi oleh antosianin yang ada dalam makanan serba ungu. Kandungan ini juga membantu meremajakan sistem kardiovaskular dan memperbaiki jaringan-jaringan dalam tubuh yang rusak.

5. Bersifat antiinflamasi

Kandungan antiinflamasi yang terdapat pada makanan serba ungu mampu mengurangi risiko peradangan yang kronis. Beberapa penyakit yang bisa dicegah di antaranya adalah asma, alergi, radang sendi, hingga diabetes tipe 2.

6. Menjaga kesehatan lambung

Para peneliti menemukan bahwa antosianin mampu mencegah oksidasi dan meningkatkan aktivitas antioksidan penting lain. Hal ini akan membantu mengurangi pembentukan tukak lambung yang memiliki gejala mirip sakit maag.

Baca juga: 5 Sayuran yang Punya Banyak Manfaat untuk MPASI Bayi

7. Mencegah penyakit urologi

Penyakit urologi muncul dengan menyerang bagian sistem saluran kemih pada alat kelamin pria dan juga menyebabkan sakit maag. Kondisi ini bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung antosianin yang tentunya terdapat pada makanan warna ungu. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Freepik)