Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

7 Makanan Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Kulit Anda

7 Makanan Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Kulit Anda

Punya kulit yang sehat tentu jadi impian kita ya, Moms. Untuk itu, kulit juga perlu dirawat. Namun, merawat kulit tak hanya bisa dilakukan dari luar. Menjaga kesehatan kulit juga bisa Anda lakukan dengan cara mengonsumsi makanan sehat yang mengandung beragam nutrisi penting buat kulit. Berikut ini daftar makanan kaya nutrisi yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan kulit Anda, Moms.

1. Ubi jalar

Ubi jalar kaya kandungan beta karoten yang baik untuk kesehatan kulit Anda lho, Moms! Kandungan beta karoten di dalam ubi jalar berguna untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari (UV), mencegah munculnya kulit kering, dan melawan keriput. Tak hanya itu, beta karoten juga bisa diubah menjadi vitamin A oleh tubuh yang akan membantu menjaga kesehatan mata, tulang, dan sistem kekebalan tubuh.

2. Strawberry

The American Journal of Clinical Nutrition menjelaskan bahwa mengonsumsi makanan kaya vitamin C seperti strawberry bisa membantu memperlambat munculnya keriput dan masalah kulit kering akibat proses penuaan. Peran vitamin C dalam melembapkan kulit mungkin disebabkan oleh kemampuannya menetralkan radikal bebas akibat sinar UV dan juga mendorong proses sintesis kolagen yang berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit.

Baca juga: Punya Kulit Sensitif, Sebaiknya Anda Hindari Jenis Makanan Ini

3. Alpukat

Alpukat mengandung vitamin A, vitamin C, lemak sehat, dan serat. Aneka kandungan nutrisi tersebut merupakan kombinasi yang sangat bagus untuk menyehatkan kulit Anda, Moms. Penelitian menemukan bahwa kandungan nutrisi di dalam alpukat bermanfaat untuk melawan munculnya tanda penuaan dan keriput akibat paparan sinar matahari.

4. Bayam

Bayam merupakan salah satu jenis sayur yang sering kita konsumsi sehari-hari. Tak hanya lezat, bayam juga punya kadar lutein yang tinggi. Kandungan ini berfungsi untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Saat membeli bayam, pilihlah bayam di tumpukan paling atas ya Moms, yaitu yang paling banyak terkena cahaya matahari.

5. Telur

Telur mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin A sangat baik untuk kesehatan kulit Anda, khususnya bagi Anda yang punya kulit kering. Dengan memenuhi kebutuhan vitamin A dalam tubuh, Anda bisa mengurangi bintik-bintik cokelat atau kerutan yang muncul di beberapa bagian kulit Anda.

6. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon dan makerel adalah jenis ikan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Ikan-ikan tersebut kaya asam lemak omega-3 yang bisa membantu untuk menjaga kesehatan kulit.

Tidak hanya itu, asam lemak omega-3 yang terkandung pada ikan juga bisa membantu Anda mengurangi peradangan yang terjadi pada kulit. Kekurangan omega-3 pada kulit bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan tidak bersinar atau kusam. Menurut The American Journal of Clinical Nutrition, kandungan asam lemak omega-3 yang ditemukan pada ikan berlemak mampu melindungi kulit dari paparan radikal bebas.

7. Tomat

Tahukah Anda bahwa tomat juga memiliki kandungan vitamin C dan lycopene yang banyak? Tomat menjadi salah satu makanan yang baik untuk kulit dan mampu membuat kulit lebih cerah. Tomat bisa dijadikan sebagai salad, lalapan, atau dibuat menjadi jus segar.

Kandungan lycopene pada tomat memiliki kemampuan untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV dan melancarkan sirkulasi darah pada kulit, sehingga membuat kulit lebih cerah. Lycopene juga punya kemampuan meningkatkan status antioksidan sehingga sel-sel kulit bisa menangkal radikal bebas. (M&B/Binar MP/SW/Foto: Freepik)