Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Hati-Hati, Batuk Bisa Tandakan Beberapa Penyakit Ini!

Hati-Hati, Batuk Bisa Tandakan Beberapa Penyakit Ini!

Batuk bisa dibilang merupakan gejala masalah kesehatan yang terhitung "lumrah" dialami orang-orang. Tenggorokan kering bisa menyebabkan batuk dan tersedak saat minum juga bisa menyebabkan batuk. Walaupun begitu, dalam kondisi tertentu, batuk juga bisa menandakan adanya masalah kesehatan yang serius di tubuh kita lho, Moms!

Baca juga: 8 Obat Batuk Tradisional untuk Anak yang Bisa Redakan Gejala Batuknya

Menurut American Lung Association, ada beberapa kondisi masalah kesehatan umum yang bisa menyebabkan batuk akut seperti berikut ini, Moms.

1. Infeksi saluran pernapasan atas

Infeksi pada hidung dan tenggorokan merupakan penyebab paling umum terjadinya batuk. Infeksi ini biasanya timbul diiringi dengan demam, radang tenggorokan, dan munculnya ingus pada hidung. Infeksi saluran pernapasan atas hampir selalu disebabkan oleh virus, mulai dari influenza hingga laringitis.

2. Hay fever atau rhinitis alergi

Paparan terhadap asap dan uap yang berlebihan bisa menyebabkan inflamasi pada tenggorokan dan saluran pernapasan, sehingga dapat menimbulkan batuk.

Baca juga: 8 Essential Oil untuk Meredakan Batuk Pilek

3. Infeksi saluran pernapasan bawah

Kondisi ini merupakan infeksi akibat bakteri dan virus yang lebih parah, sehingga menyebabkan batuk yang lebih keras dan tak hilang-hilang. Sering kali batuk diiringi dengan demam. Infeksi ini bisa memengaruhi saluran napas dan menyebabkan bronkitis atau bahkan menjalar hingga paru-paru dan menyebabkan pneumonia.

4. Pulmonary embolism

Kondisi ini sangatlah membahayakan, bahkan bisa berisiko tinggi pada kematian. Darah yang menggumpal dapat mengalir dari kaki menuju paru-paru sehingga bisa membuat sesak napas secara tiba-tiba dan batuk kering.

5. Pneumothorax

Penyakit ini disebabkan oleh deflasi paru-paru. Kondisi ini bisa terjadi secara spontan maupun akibat trauma di dada. Tanda-tanda umum pneumothorax antara lain adalah rasa sakit di dada yang muncul tiba-tiba, batuk kering, dan sesak napas.

6. Gagal jantung

Jantung yang lemah atau yang mengalami penyakit berat bisa menyebabkan penumpukan cairan di paru-paru. Kondisi ini akan menyebabkan batuk dan sesak napas parah.

Baca juga: Gagal Jantung di Usia Muda, Kenali Penyebab dan Gejalanya!

7. Post-nasal drip atau lendir tenggorokan

Kondisi ini muncul sebagai batuk kering, disebabkan oleh lendir yang terlalu banyak pada hidung dan tenggorokan. Penyakit ini umum terjadi setelah adanya infeksi maupun paparan berkelanjutan terhadap pemicu alergi.

8. Gastro-esophageal reflux (GERD)

Gangguan sistem pencernaan ini terjadi ketika asam lambung mengalir menuju esofagus, menyebabkan heartburn. Asam lambung yang naik hingga tenggorokan akan menyebabkan terjadinya batuk kering.

Baca juga: Awas Batuk Berkepanjangan pada Anak, Bisa Jadi Tanda Penyakit Ini!

Bila Anda mengalami batuk yang tidak kunjung sembuh dan disertai dengan gejala lain, segera hubungi dokter. Jangan anggap sepele gejala batuk Anda, karena gangguan ini dapat menandakan masalah penyakit berbahaya. (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Freepik)