Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Kolesterol Tinggi? Coba Makanan Penurun Kolesterol ini

Kolesterol Tinggi? Coba Makanan Penurun Kolesterol ini

Kita semua tahu bahwa kadar kolesterol jahat (LDL) yang tinggi dalam tubuh bukanlah sesuatu yang baik. Tingginya kolesterol jahat dalam tubuh bisa menjadi pemicu munculnya berbagai penyakit berbahaya, seperti serangan jantung dan stroke.

Baca juga: Kenali Tanda Kolesterol Tinggi dan Faktor Risikonya

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan penurun kolesterol. Nah, berikut ini sejumlah makanan yang perlu Anda konsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

1. Sayuran hijau

Kandungan serat yang tinggi pada sayuran hijau seperti bayam, brokoli, buncis, dan kale bisa berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan membantu proses detoksifikasi tubuh secara alami. Untuk mendapatkan manfaat sayuran tersebut guna menurunkan kadar kolesterol, olah sayuran dengan cara direbus dan hindari penggunaan minyak ya, Moms.

2. Buah-buahan

Buah-buahan seperti apel, anggur, strawberry, dan jeruk kaya pektin, jenis serat larut yang dapat menurunkan low-density lipoprotein cholesterol (LDL) yang dikenal sebagai kolesterol jahat.

3. Biji-bijian

Kandungan nutrisi yang tinggi di dalam biji-bijian utuh dapat meningkatkan kemampuan sel dalam tubuh berkembang dengan baik dan mencegah radikal bebas. Berkat kandungannya itu, biji-bijian utuh bisa Anda konsumsi sebagai makanan penurun kolesterol tinggi.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, walnut, kacang tanah, atau kacang-kacangan lainnya kaya serat larut. Kacang juga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama karena lamanya waktu yang dibutuhkan untuk dicerna di dalam tubuh. Penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi 2 ons kacang dalam sehari dapat menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat sebesar 5 persen.

5. Bawang putih

Kandungan allicin dalam bawang putih bisa membantu mengurangi kadar kolesterol. Senyawa ajaib ini juga dapat mengencerkan darah Anda serta mencegah risiko serangan jantung dan stroke.

6. Kedelai

Mengonsumsi kacang kedelai dan makanan yang terbuat dari kedelai, seperti tempe, tahu, dan susu kedelai, disebut-sebut sebagai cara yang ampuh untuk menurunkan kolesterol jahat. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi 25 gram protein kedelai per hari memiliki efek menurunkan LDL sebesar 5-6 persen.

7. Lemak ikan

Makan ikan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL). Sebuah penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi ikan yang kaya omega-3 secara teratur terbukti menurunkan kadar trigliserida (lemak dalam darah).

Selain itu, kandungan omega-3 juga bermanfaat bagi kesehatan otak, seperti mencegah pikun, dan meningkatkan kinerja otak. Omega-3 juga dapat melindungi jantung dan mencegah timbulnya ritme jantung yang abnormal serta tekanan darah tinggi.

8. Oat

Mengonsumsi semangkuk oatmeal atau sereal untuk sarapan merupakan langkah mudah pertama untuk mengendalikan kolesterol Anda. Moms juga bisa menambahkan pisang atau strawberry pada sajian oatmeal Anda yang akan sangat menyehatkan.

9. Teh hijau

Teh hijau merupakan salah satu minuman herbal yang mampu menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Teh hijau mengandung catechin yang diketahui mampu mengurangi penyerapan kolesterol jahat dalam darah.

10. Minyak zaitun

Minyak zaitun kaya asam lemak tak jenuh tunggal yang akan membantu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Minyak zaitun juga tidak mengandung lemak trans dan lebih rendah kandungan lemak jenuhnya dibandingkan mentega atau butter. Anda bisa mengonsumsi minyak zaitun sebanyak 4 sendok makan atau 60 ml sehari. (M&B/SW/Foto: Freepik)