Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Orangtua Kecanduan Gadget Sebelum Tidur

Orangtua Kecanduan Gadget Sebelum Tidur

Update berita terbaru, mencari informasi seputar acara favorit, mengomentari foto teman-teman Facebook, atau gosip di Twitter adalah kegiatan yang sering dilakukan menjelang waktu tidur. Ini juga merupakan satu-satunya kesempatan bagi banyak orangtua untuk bisa mengejar ketinggalan mereka eksis di media sosial. Namun, kegiatan tersebut ternyata juga akan memengaruhi kualitas tidur Anda.

 

Menurut sebuah studi terbaru di Inggris yang melibatkan lebih dari 2.000 orang dewasa, sebanyak 78 persen dari jumlah tersebut, menggunakan komputer, smartphone, atau tablet dalam 2 jam menjelang tidur malam. Hal tersebut menunjukkan, lebih dari 28 juta orang dewasa di Inggris mendapat waktu tidur kurang dari 7 jam. Menurut sumber yang dilansir dari M&B UK,  angka tersebut dikabarkan meningkat menjadi 91 persen hingga saat ini. 

 

Profesor Richard Wiseman, dari University of Hertfordshire mengatakan, waktu tidur malam yang kurang dari 7 jam sangat tidak direkomendasikan. Hal itu terkait dengan berbagai masalah kesehatan yang akan timbul, termasuk peningkatan risiko kenaikan berat badan, serangan jantung, diabetes, dan kanker. "Cahaya biru dari perangkat ini dapat menekan produksi hormon melatonin, yang menginduksi tidur. Jadi, penting untuk menghindari gadget Anda sebelum tidur," ungkap Prof. Richard.

 

Dee Booth, ahli pola tidur dari Inggris, juga percaya bahwa orangtua yang memiliki gangguan tidur lebih berisiko terkena berbagai penyakit. Untuk itu, bagi orangtua untuk mengurangi penggunaan gadget sebelum tidur. "Idealnya, Anda harus berhenti menggunakan gadget sekitar 2 jam sebelum tidur agar tubuh dapat memproduksi melatonin lebih cepat. Karena, ketika cahaya biru yang terdapat dalam gadget terpapar, produksi melatonin akan terhambat,” ungkap Dee.

 

Namun, hal ini memang akan lebih sulit dilakukan para orangtua yang ingin 'mengejar ketinggalan' di media sosial. Jika ingin bermain gadget, sebaiknya luangkan sedikit waktu sambil bersantai sebelum akhirnya Anda naik ke tempat tidur. Dee juga menyarankan, Anda dapat menikmati minuman hangat dan bersantai, serta membaca buku sebagai gantinya. Jauhkan gadget, matikan lampu, dan nikmati waktu tidur Anda secara maksimal. (Aulia/DC/dok.Daily Mail)