Type Keyword(s) to Search

10 Makanan Kaya Kolagen untuk Kesehatan Kulit dan Bikin Awet Muda

10 Makanan Kaya Kolagen untuk Kesehatan Kulit dan Bikin Awet Muda

Setiap orang, terlebih perempuan, tentu ingin memiliki kulit yang sehat, kencang, dan halus. Tak jarang mereka melakukan perawatan kulit dengan berbagai produk kecantikan yang mengandung kolagen untuk membantu merawat kulit mereka.

Kolagen sendiri merupakan protein dalam tubuh yang berfungsi sebagai zat pembangun utama kulit hingga tulang. Kolagen berperan penting membuat kulit menjadi cerah, rambut berkilau, serta kuku kuat. Memang, tubuh kita mengandung kolagen alami. Namun, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh akan semakin menurun. Hal ini pun membuat kulit jadi mengendur dan berkeriput.

Nah, untuk membantu menjaga kesehatan kulit dan kecantikan, selain melakukan perawatan dari luar, Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan kolagen di dalamnya. Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini 10 makanan yang bisa membantu Anda mendapatkan asupan kolagen alami.

1. Buah Beri

Jenis buah beri, seperti strawberry, blueberry, raspberry, dan blackberry, bisa Anda konsumsi untuk membantu produksi kolagen dalam tubuh. Selain itu, beri juga kaya akan vitamin C serta antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh.

2. Kacang-kacangan

Kacang mete dipercaya mampu membantu meningkatkan produksi kolagen, sehingga kulit akan jadi kencang. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi kacang kedelai dengan kandungan genistin, yang dapat meningkatkan produksi kolagen dan melawan tanda-tanda penuaan. Ada juga kacang polong yang mengandung asam amino sebagai sintesis kolagen serta tinggi protein.

3. Sayuran Berwarna Hijau

Sayuran hijau seperti brokoli, bayam, kangkung, dan kale mengandung klorofil yang bisa meningkatkan jumlah produksi kolagen di kulit. Klorofil akan membantu melindungi kulit dari radiasi UV yang berbahaya dan radikal bebas yang juga menyebabkan penuaan kulit.

4. Sayuran Berwarna Merah

Bukan hanya sayuran hijau, sayuran berwarna merah juga masuk dalam makanan yang mengandung kolagen, seperti tomat, wortel, dan paprika merah. Sayuran jenis ini kaya akan antioksidan serta berfungsi sebagai pendorong produksi kolagen.

4. Buah Tropis

Buah-buahan yang dibudidayakan di area tropis juga bisa membantu meningkatkan kadar kolagen dalam tubuh Anda. Jenis buah ini di antaranya adalah jeruk, jambu biji, mangga, dan nanas. Jadi sediakan buah-buahan tropis di rumah untuk Anda konsumsi setiap hari ya, Moms.

5. Ikan dengan Sumber Omega-3

Asam lemak omega-3 diketahui dapat membantu sel-sel tubuh bekerja dengan baik untuk memproduksi kolagen dan membantu melembapkan kulit yang akan menjadikan Anda tetap awet muda. Moms bisa mengonsumsi ikan jenis salmon, makerel, dan tuna sebagai sumber alami dari asam lemak omega-3.

6. Kaldu Tulang

Dilansir dari Healthline, merebus tulang hewan dalam air dan menjadikannya sebagai kaldu dipercaya dapat mengekstrak kolagen. Hal ini karena kaldu tulang terbuat dari tulang dan jaringan ikat, serta mengandung bentuk bioaktif dari protein seperti kolagen dan asam amino yang langsung dapat digunakan tubuh.

7. Telur

Telur termasuk bahan makanan yang bisa dengan mudah Anda temukan. Penelitian yang dipublikasikan oleh National Institute of Health melaporkan bahwa putih telur memiliki prolin dalam jumlah besar. Prolin sendiri adalah salah satu jenis asam amino yang diperlukan untuk produksi kolagen.

8. Daging Tanpa Lemak

Daging tanpa lemak membantu melindungi membran di sekitar sel kulit, membuatnya tetap kenyal sehingga kulit akan terlihat lebih muda. Daging jenis ini juga mampu mengurangi inflamasi dan mengandung asam amino esensial untuk menjaga kekencangan dan elastisitas kulit.

9. Susu

Susu dan produk olahannya juga sangat baik untuk meningkatkan produksi kolagen. Susu mengandung lisin, protein yang akan membantu membentuk kolagen secara alami di kulit.

10. Bawang Putih

Melansir dari Healthline, bawang putih merupakan sumber sulfur yang tinggi. Sulfur merupakan unsur penting dalam produksi kolagen dengan membantu menyintesis dan mencegah kerusakan kolagen. Anda bisa masukkan bawang putih sebagai bahan masakan Anda agar bisa mendapatkan manfaat kolagen.

Itulah 10 makanan yang mengandung kolagen yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit dan membuat Anda awet muda. Moms bisa jadikan makanan-makanan tersebut sebagai bagian dari menu Anda sehari-hari. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)