Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Efektif! 7 Cara Alami untuk Mengencangkan Kulit Wajah Anda

Efektif! 7 Cara Alami untuk Mengencangkan Kulit Wajah Anda
Efektif! Intip 7 Cara untuk Mengencangkan Kulit Wajah

Salah satu tanda penuaan yang sering dialami adalah kulit wajah yang mengendur. Pada dasarnya, ini merupakan hal yang normal seiring bertambahnya usia dan berbagai faktor lain, seperti paparan sinar ultraviolet, pola hidup tidak sehat, dan stres.

Sebenarnya, tubuh kita secara alami memproduksi kolagen, yaitu protein alami dalam tubuh yang berfungsi untuk memberi kekuatan dan elastisitas kulit. Namun, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen akan menurun. Akibatnya kulit pun mulai mengendur dan berkeriput. Kondisi ini tentu bisa memengaruhi penampilan dan menurunkan percaya diri Anda.

Lantas, bagaimana caranya mengencangkan kulit wajah? Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengencangkan kulit wajah dan mencegahnya cepat mengendur, Moms.

1. Melakukan face yoga

Sebuah penelitian dalam Jama Dermatology menunjukkan bahwa melakukan face yoga bisa membantu memperbaiki tampilan kulit wajah Anda. Face yoga melibatkan pijatan dan latihan yang merangsang otot, kulit, dan sistem limfatik. Teknik ini dirancang untuk melembutkan dan menenangkan otot-otot Anda, sehingga membantu mengurangi ketegangan. Pada gilirannya, face yoga akan bisa membantu mengurangi kulit kendur pada kulit wajah.

2. Mengonsumsi makanan kaya beta karoten dan vitamin A

Menurut penelitian yang dilakukan di National Institute of Health, kombinasi beta karoten dan vitamin A mampu mencegah dan memperbaiki penuaan pada kulit. Itulah sebabnya nutrisi tersebut sering dipakai sebagai bahan utama di banyak pelembap kulit antipenuaan dan tabir surya. Beta karoten telah terbukti mampu memblokir sinar ultraviolet matahari dari kerusakan serta penuaan kulit dan vitamin A merangsang produksi kolagen serta serat elastis di kulit.

Anda juga bisa memakai produk perawatan kulit dengan kandungan retinol yang dapat merangsang produksi kolagen. Retinol, senyawa kimia turunan vitamin A, merupakan salah satu bahan anti-aging terbaik. Ini karena retinol dapat membangun kembali serat kolagen kulit. Cukup oleskan krim atau losion yang mengandung retinoid setiap hari untuk membantu mengencangkan kulit.

Baca juga: Bukan Hanya untuk Kulit, Ini 8 Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan

3. Mencuci muka secara rutin

Sebelum tidur, Anda perlu mencuci wajah secara rutin untuk menghilangkan sisa-sisa makeup yang masih menempel di wajah. Jika tidak dibersihkan, zat kimia yang terkandung dalam makeup bisa menambah stres oksidatif yang dialami sel-sel kulit wajah setiap hari dan membuat kulit wajah cepat mengendur dan berkeriput.

Yang perlu diperhatikan, gunakan pembersih berbahan dasar air dan tambahkan air dingin setelahnya guna membantu pori-pori menutup. Hindari juga menggunakan scrub wajah di malam hari. Cukup gunakan scrub 1 atau 2 kali seminggu untuk menghindari iritasi pada kulit dan memaksa pengangkatan sel-sel kulit.

4. Memperbanyak konsumsi air putih

Mengutip Healthline, menjaga tubuh tetap terhidrasi akan membuat kulit Anda tetap terjaga elastisitasnya dengan baik. Kekurangan cairan bisa membuat kulit mengalami kekeringan dan memicu kulit jadi cepat mengendur dan berkeriput.

5. Menggunakan masker wajah

Penggunaan masker wajah bisa membantu Anda mendapatkan kulit wajah yang tidak hanya terlihat lebih cerah, tapi juga merawat kelembapannya sehingga elastisitasnya terjaga dan mengurangi kemungkinan kulit cepat mengendur dan berkeriput.

Baca juga: 8 Ciri Kulit Tidak Cocok dengan Produk Skincare yang Dipakai

6. Jangan melewatkan penggunaan sunscreen

Menggunakan sunscreen, dan tidak melewatkan reapply sunscreen, merupakan cara sederhana untuk mencegah dan mengurangi tampilan kulit kendur. Rutin menggunakan sunscreen setiap harinya akan menjaga kulit Anda dari kerusakan akibat sinar ultraviolet (UV) dan juga mengurangi risiko kanker kulit. Pilih dan gunakan sunscreen minimal SPF 30 PA +++, yang bisa melindungi kulit dari bahaya paparan sinar UVA dan UVB.

7. Menggunakan roller wajah

Alat kecantikan yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi buat Anda. Roller wajah disebut-sebut sebagai alat anti penuaan yang bisa meningkatkan aliran darah, mendorong drainase limfatik, mengurangi puffiness, serta membantu mencegah dan mengurangi tampilan kulit kendur. Dengan kata lain, memasukkan roller wajah ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda bisa membantu meningkatkan kesehatan dan tampilan kulit wajah Anda. (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: gpointstudio/Freepik)