Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Jarang Diketahui, Ini 11 Manfaat Mangga Muda untuk Kesehatan

Jarang Diketahui, Ini 11 Manfaat Mangga Muda untuk Kesehatan

Buah mangga disebut-sebut sebagai salah satu buah yang lezat dan digemari banyak orang. Bahkan, di beberapa negara, mangga disebut sebagai raja buah. Buah ini punya rasa manis dan asam yang unik dan menyegarkan.

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan beberapa manfaat mangga untuk kesehatan, termasuk meningkatkan kesehatan pencernaan, kesehatan mata, dan kesehatan jantung, serta berpotensi mencegah diabetes dan kanker.

Namun, tahukah Anda kalau ternyata mangga muda juga punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita? Nah, berikut ini 11 manfaat mangga muda yang jarang diketahui orang.

1. Meningkatkan kesehatan hati

Salah satu manfaat mangga muda untuk kesehatan adalah membantu meningkatkan kesehatan hati dan mengobati penyakit hati. Seperti yang ditunjukkan dalam penelitian yang dipublikasikan di Journal of Horticultural Science and Biotechnology, mangga muda telah terbukti mampu meningkatkan kesehatan hati dan membantu mengobati penyakit hati.

Hal ini berkat asam dalam mangga muda yang bisa merangsang sekresi asam empedu dan meningkatkan penyerapan lemak dengan membersihkan racun dari tubuh, sehingga mencegah dan mengobati penyakit hati.

2. Baik untuk kesehatan jantung

Selain bisa meningkatkan kesehatan hati, mengonsumsi mangga muda juga bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung. Ini berkat kandungan niasin yang tinggi yang berperan untuk mengontrol kadar kolesterol Anda.

Kadar kolesterol yang sehat sama dengan penurunan risiko terkena penyakit kardiovaskular. Selain itu, niasin dalam mangga muda juga bisa meningkatkan sirkulasi darah dan memastikan jantung Anda berdetak normal dan tetap dalam kondisi baik.

3. Menurunkan risiko kanker

Mengonsumsi mangga muda disebut-sebut dapat menurunkan risiko kanker. Sebuah studi yang dilakukan oleh Departemen Nutrisi Harvard School of Public Health menunjukkan bahwa mangga muda kaya akan beta karoten yang mampu membantu mencegah kanker, terutama kanker prostat.

4. Mencegah dehidrasi

Mengonsumsi mangga muda bisa mencegah tubuh mengalami dehidrasi yang disebabkan oleh cuaca panas. Hal ini lantaran mangga muda memiliki kemampuan untuk menghentikan kehilangan natrium klorida dan zat besi yang berlebihan dari tubuh yang diketahui bisa hilang melalui keringat yang keluar.

5. Menurunkan berat badan

Manfaat mangga muda berikutnya adalah membantu menurunkan berat badan. Ini karena mangga muda diketahui mengandung lebih sedikit kalori dan mampu meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga membantu membakar lebih banyak kalori dan berkontribusi terhadap penurunan berat badan. Selain itu, mangga muda juga diketahui mengandung lebih sedikit gula, sehingga tidak akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

6. Mengatasi gangguan perut

Mangga muda bisa mengatasi gangguan perut, termasuk menetralkan asam di perut, kembung, dispepsia, dan bahkan menyembuhkan mual di pagi hari (morning sickness). Ini berkat kandungan antioksidan kuat, vitamin C, asam amino, dan vitamin A yang bekerja sama untuk mengatasi masalah perut.

Sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan di Frontiers in Plant Science, menunjukkan bahwa mengonsumsi mangga muda bisa mengurangi keasaman di perut dan mengurangi refluks asam.

7. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Mangga muda mengandung vitamin C yang tinggi, vitamin A, kalsium, dan magnesium yang berguna untuk melepaskan racun dari tubuh Anda dan mendorong pergerakan usus yang sehat dalam prosesnya.

Tak hanya itu, penelitian dalam jurnal Functional Foods in Health and Disease menunjukkan bahwa mengonsumsi mangga muda secara efektif bisa membantu mengatasi gangguan diare, wasir, hingga sembelit. Ini berkat kandungan pektin yang tinggi dalam mangga muda.

8. Baik untuk kesehatan gigi

Masih banyak orang yang cenderung mengabaikan kesehatan gigi. Padahal gigi termasuk bagian terpenting dari tubuh kita. Namun, tahukah Anda bahwa mangga muda baik untuk kesehatan gigi? Ya, mangga muda mampu mengatasi masalah bau mulut, mencegah pendarahan gusi, dan meminimalkan risiko kerusakan gigi.

9. Camilan sehat untuk ibu hamil

Mangga muda merupakan salah satu pilihan camilan sehat untuk ibu hamil. Ini karena mangga muda mengandung beberapa nutrisi penting yang baik untuk kesehatan ibu dan janin secara keseluruhan, mengatasi morning sickness, dan menurunkan risiko persalinan prematur. Dengan kata lain, mangga muda dinilai aman untuk dikonsumsi selama kehamilan.

10. Bagus untuk kulit dan rambut

Kandungan vitamin A dan vitamin C yang tinggi dalam mangga muda dinilai bagus untuk kulit dan rambut. Kedua vitamin tersebut memungkinkan sintesis kolagen yang mampu mencegah penuaan sehingga kulit dan rambut akan jadi lebih sehat.

11. Meningkatkan kesehatan mata

Mangga muda mengandung antioksidan yang dikenal dengan nama zeaxanthin, yang diperlukan untuk kesehatan mata yang optimal. Zat ini akan membantu melindungi mata dari sinar UV yang berbahaya dan dari degenerasi makula terkait usia. (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Riki Risnandar/Pexels)