Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Wajib Tahu, Ini 10 Makanan Penyubur Sperma agar Cepat Hamil

Wajib Tahu, Ini 10 Makanan Penyubur Sperma agar Cepat Hamil

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan infertilitas pada seorang pria. Salah satunya adalah kualitas atau kuantitas sperma yang tidak optimal. Beruntungnya, kualitas sperma bisa diperbaiki secara alami. Menjalankan gaya hidup sehat dan pola makan yang tepat bisa membantu menyuburkan sperma.

M&B telah merangkum 10 makanan yang bisa membantu menjaga kesuburan sperma. Simak daftarnya berikut ini!

1. Tiram

Terkenal sebagai makanan afrodisiak, tiram terbukti mampu mendukung kesuburan sperma. Pasalnya, tiram kaya akan zinc. Zinc adalah salah satu zat gizi yang dibutuhkan untuk memperbaiki kualitas sperma. Faktanya, 8 buah tiram mengandung 39 mg zinc lho, Moms!

2. Cokelat hitam

Lezat dan bergizi, siapa yang tidak suka cokelat? Ya, dengan kandungan antioksidan yang tinggi, cokelat tidak hanya memanjakan lidah, tapi juga bermanfaat bagi kesuburan pria. Kandungan polyphenol dan flavonol pada cokelat hitam bisa menangkis bahaya radikal bebas bagi tubuh, sehingga bisa mengurangi risiko infertilitas pada pria.

3. Daging sapi

Daging sapi mengandung semua gizi yang dibutuhkan sperma, seperti zinc, selenium, vitamin B12, carnitine, dan banyak lainnya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, zinc sudah terbukti mampu memperbaiki banyak aspek pada kesuburan pria, meliputi kuantitas, bentuk, dan daya hidup sperma.

4. Tomat

Tomat merupakan buah yang kaya akan vitamin C serta lycopene. Lycopene merupakan antioksidan yang terbukti berdaya kuat untuk memberikan dampak positif bagi kesuburan pria. Pada studi yang dimuat International Urology and Nephrology, mengonsumsi 4 mg lycopene (setara dengan sebuah tomat) setiap hari mampu memperbaiki kuantitas, daya hidup, serta bentuk sperma.

5. Kacang walnut

Kaya akan asam folat dan vitamin B6, kacang walnut punya segudang manfaat bagi kesuburan pria. Asam folat merupakan zat gizi yang penting dalam proses pembentukan sperma. Ketika asam folat pada tubuh rendah, maka pembelahan sel sperma dapat terjadi tidak sempurna, sehingga mengurangi kualitasnya.

6. Hati sapi

Mengandung vitamin A dan B12, folat, CoQ10, serta zat besi. Sebuah studi yang dimuat dalam Nutrients pada tahun 2011 menemukan bahwa vitamin A dibutuhkan dalam proses pembentukan sperma. Sedangkan CoQ10 merupakan salah satu jenis antioksidan yang bisa membantu memperbaiki daya hidup sperma.

7. Asparagus

Tentu ada alasan mengapa asparagus disebut sebagai salah satu superfood. Salah satunya adalah manfaat asparagus untuk menyuburkan sperma. Secangkir asparagus bisa memenuhi kebutuhan harian Anda akan vitamin K, asam folat, vitamin A, B, dan C. Semua vitamin ini sangat diperlukan tubuh untuk memproduksi sperma yang berkualitas.

8. Salmon

Ikan laut ini kaya akan asam lemak omega-3, yakni zat gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Salah satu manfaatnya adalah untuk memperbaiki kuantitas sperma. Omega-3 punya peran penting dalam pembentukan sel sperma. Sebuah studi yang dimuat jurnal Andrology pada tahun 2019, menemukan bahwa mengonsumsi omega-3 mampu membantu memperbaiki daya hidup, bentuk, serta jumlah sperma.

9. Bawang putih

Tidak hanya penting untuk memperkaya cita rasa masakan, bawang putih juga berperan besar bagi kesuburan pria. Oleh karena kandungan antioksidan yang tinggi, bawang putih mampu memperbaiki produksi sperma dan tingkat testosteron dalam tubuh.

10. Alpukat

Buah berwarna hijau ini tidak hanya lezat, tapi juga punya banyak gizi yang bermanfaat bagi kesehatan sperma. Ya, alpukat mengandung asam lemak sehat yang penting untuk pembuatan sperma. Selain itu, alpukat juga mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan sperma, yakni vitamin K, B6, B9, C, E, magnesium, dan potasium. (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Freepik)


Read Next

More Fromfamily & lifestyle