Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Cara Mengatasi Bibir Pecah-pecah Secara Alami

Cara Mengatasi Bibir Pecah-pecah Secara Alami

Moms, siapa dari Anda yang pernah mengalami gangguan bibir pecah-pecah? Bibir pecah-pecah merupakan masalah umum yang bisa dialami siapa pun. Saat mengalami bibir pecah-pecah, biasanya kita akan merasa tidak nyaman karena kondisi bibir yang terasa kering, mengelupas, dan bahkan perih.

Sebelumnya, Moms perlu tahu bahwa kulit bibir jauh lebih tipis dan lebih halus daripada kulit bagian tubuh lainnya. Bibir juga tidak memiliki kelenjar minyak dan tidak dapat menghasilkan minyak alami untuk mencegahnya mengering maupun menghasilkan kelembapannya sendiri.

Paparan sinar matahari, udara dingin dan kering, penggunaan produk kosmetik yang memiliki efek mengeringkan bibir, dehidrasi, semuanya bisa menjadi penyebab seseorang mengalami bibir pecah-pecah.

Baca juga: Penyebab Bibir Hitam dan Cara Ampuh Mencerahkannya

Untuk mengatasi bibir pecah-pecah, biasanya kita disarankan untuk memakai pelembap bibir atau lip balm. Bibir pecah-pecah rentan mengalami robek, luka, bahkan infeksi. Nah, penggunaan lip balm diharapkan bisa membantu melembapkan bibir.

Namun, bila penggunaan lip balm tidak cukup membantu untuk mengatasi bibir pecah-pecah, Moms bisa coba redakan masalah tersebut dengan menggunakan bahan-bahan alami berikut ini.

1. Lidah buaya

Lidah buaya atau aloe vera mengandung molekul yang disebut polisakarida, yang bisa membantu mengikat kelembapan kulit dan menjaga bibir tetap terhidrasi. Kandungan polisakarida dalam lidah buaya mampu meredakan bibir pecah-pecah karena bisa mendorong kulit untuk menghasilkan sel-sel baru, sehingga akan membantu penyembuhan luka (akibat bibir pecah-pecah) dengan cepat.

Moms bisa menggunakan gel dari tanaman lidah buaya segar maupun produk gel lidah buaya untuk mengatasi bibir pecah-pecah. Caranya, oleskan gel lidah buaya di bibir Anda menggunakan jari secukupnya sebanyak dua sampai tiga kali sehari.

2. Madu

Madu sudah lama dijadikan obat rumahan untuk berbagai macam perawatan kulit. Madu juga bisa digunakan untuk membantu melembapkan bibir dan melindungi bibir pecah-pecah dari infeksi. Tak hanya itu, madu juga berfungsi sebagai eksfoliator ringan serta membantu menghilangkan kulit kering dan kulit mati dari bibir Anda.

Moms bisa menggunakan madu untuk meredakan bibir pecah-pecah dengan cara mengoleskannya tipis-tipis di bibir menggunakan jari yang bersih. Diamkan selama 20 sampai 30 menit, lalu bersihkan.

3. Minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan emolien atau salah satu bahan pelembap yang sangat bagus untuk mengunci kelembapan di bibir dan mencegah bibir kering. Minyak kelapa juga memiliki sifat antiinflamasi yang membantu meringankan sakit dan ketidaknyamanan yang mungkin dirasakan saat mengalami bibir pecah-pecah.

Manfaatkan minyak kelapa untuk mengatasi bibir pecah-pecah dengan cara mengoleskannya di bibir Anda secukupnya dengan jari atau kapas bersih.

4. Alpukat mentega

Menurut penelitian, alpukat mentega juga merupakan emolien dan pengental dalam lip balm. Buah ini memang tidak berminyak, tapi bisa diserap dengan baik oleh kulit. Moms bisa memilih alpukat mentega organik, lalu melumatkannya, kemudian oleskan secukupnya di bibir yang mengalami pecah-pecah menggunakan jari Anda.

5. Mentimun

Selain mengandung 90% air yang bisa menyegarkan bibir, mentimun juga mengandung vitamin C yang berguna untuk melembapkan bibir dan menjaganya tetap terhidrasi dengan baik. Untuk mengatasi bibir pecah-pecah dengan mentimun, Moms bisa iris tipis mentimun, lalu taruh di atas bibir Anda dan diamkan selama beberapa menit.

6. Teh hijau

Teh hijau atau green tea mengandung polifenol yang memiliki sifat antiinflamasi, sehingga bisa membantu menjaga bibir dari iritasi akibat kondisinya yang kering dan pecah-pecah.

Moms bisa manfaatkan green tea untuk mengatasi bibir pecah-pecah dengan cara merendam sekantong teh hijau dalam air hangat, kemudian gosokkan dengan lembut ke bibir untuk melembutkan dan menghilangkan kulit kering yang berlebihan.

Nah, mulai sekarang Anda tak perlu bingung lagi, Moms! Jika Anda atau Si Kecil mengalami bibir pecah-pecah, gunakan saja bahan-bahan alami di atas untuk mengatasinya.

Untuk mencegah bibir pecah-pecah, Anda bisa menggunakan produk yang mengandung tabir surya, menghindari penggunaan produk bibir beraroma atau berasa, menghindari produk bibir yang mengandung alergen, melakukan eksfoliasi pada bibir secara teratur, tetap terhidrasi dengan baik, dan berhenti merokok. (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Rawpixel.com/Freepik)