Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Bibir Alergi Lipstik, Ini Cara Alami untuk Mengatasinya

Bibir Alergi Lipstik, Ini Cara Alami untuk Mengatasinya

Lipstik merupakan salah satu jenis kosmetik yang wajib dimiliki dan tidak pernah ketinggalan digunakan oleh setiap wanita. Memakai lipstik bisa menambah cantik dan meningkatkan kepercayaan diri seorang wanita.

Apalagi kini, jenis lipstik bukan cuma satu. Ada beragam jenis lipstik yang bisa dipilih sesuai jenis bibir, warna bibir, hingga keinginan penggunanya untuk memperoleh tampilan bibir tertentu.

Meskipun begitu, memakai lipstik juga harus hati-hati ya, Moms, karena lipstik juga bisa menyebabkan alergi pada bibir. Masalah ini muncul disebabkan oleh kandungan atau zat kimia di dalam lipstik, penggunaan lipstik yang tidak tepat, tidak membersihkan lipstik setelah di rumah atau sebelum tidur, serta tidak melakukan perawatan bibir dengan tepat.

Meskipun penyebab alergi lipstik pada setiap orang berbeda-beda, ada beberapa bahan di lipstik yang harus Moms hindari, karena bisa menyebabkan alergi pada bibir, antara lain:

  • Benzophenone-3. Ini merupakan kandungan tabir surya pada lipstik. Zat ini memang melindungi bibir dari paparan sinar UV, tapi juga bisa memicu alergi.
  • Bahan perasa. Bahan perasa seperti peppermint dan menthol yang memberikan sensasi segar dan dingin di bibir, juga bisa menyebabkan alergi pada bibir yang sensitif.
  • Pewangi tambahan. Beberapa bahan pewangi tambahan pada lipstik, seperti cinnamic alcohol, cinnamic aldehyde, dan limonene, dapat menyebabkan iritasi pada bibir dan berujung alergi.

Gejala bibir mengalami alergi lipstik

Gejala alergi lipstik pada setiap orang bisa berbeda-beda. Namun berikut ini beberapa gejala bibir alergi karena lipstik yang perlu Anda ketahui, Moms.

  • Rasa gatal yang luar biasa di area bibir
  • Bibir jadi merah meradang
  • Bibir bengkak disertai rasa nyeri
  • Adanya rasa panas dan terbakar pada bibir
  • Tak hanya bibir, hidung membengkak dan mata berair juga menjadi tanda bahwa bibir Anda mengalami alergi
  • Jika kasus sudah berlanjut, akan timbul rasa nyeri pada perut, mual, bahkan diare
  • Lebih parah lagi, alergi bibir akibat lipstik bisa mengakibatkan tenggorokan bengkak dan membuat kita kesulitan bernapas.

Cara alami mengatasi bibir alergi lipstik

Saat bibir mengalami alergi akibat penggunaan lipstik, Moms tentu perlu mengambil penanganan yang tepat. Beberapa cara alami berikut ini bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah bibir yang alergi karena lipstik.

1. Kompres bibir menggunakan es batu yang dilapisi dengan kain atau handuk lembut. Ini dilakukan untuk meredakan bengkak pada bibir.

2. Selain dengan es, Anda bisa mengompres bibir menggunakan kantong teh yang sudah didinginkan dalam kulkas.

3. Oleskan gel lidah buaya di area bibir. Lidah buaya sangat baik untuk kulit sensitif dan bisa mengurangi bengkak pada bibir akibat alergi lipstik.

4. Gunakan pelembap alami untuk bibir, seperti madu yang mengandung vitamin dan nutrisi, atau minyak zaitun.

5. Konsumsi air putih sebanyak 8 gelas per hari. Air putih bisa membantu Anda meredakan gejala alergi pada bibir. Mengonsumsi air putih yang cukup akan membuat bibir jadi lebih lembap, sehingga bisa mengurangi risiko bibir kering dan pecah-pecah.

6. Jika semua hal di atas sudah Anda coba, tapi alergi yang dialami belum juga mereda, segera periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat ya, Moms.

Makeup memang merupakan bentuk mencintai diri sendiri. Namun, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan bagian-bagian tubuh Anda, Moms! (M&B/Gianti Puteri/SW/Foto: Pexels)