Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Kenali 9 Penyebab Masalah Perut Buncit pada Pria

Kenali 9 Penyebab Masalah Perut Buncit pada Pria

Keberadaan lemak di perut bisa sangat menjengkelkan. Bagaimana tidak, lemak di perut bisa menyebabkan perut terlihat buncit, yang tentunya bisa mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri seseorang dengan bentuk tubuhnya.

Tak hanya itu, menumpuknya lemak di area perut yang bikin kondisi perut buncit juga bisa meningkatkan risiko berbagai macam penyakit, seperti asma, diabetes, penyakit jantung, dan stroke. Karena itu perut buncit tidak boleh dianggap remeh.

Nah, agar terhindar dari masalah perut buncit pada pria, Anda mesti mengetahui penyebab perut buncit. Dengan mengetahui faktor penyebabnya, maka Anda akan lebih mudah untuk menghindarinya, Dads. Berikut ini beberapa penyebab perut buncit pada pria.

Baca juga: 5 Olahraga Paling Efektif untuk Mengecilkan Perut Buncit

1. Pertambahan usia

Seiring bertambahnya usia, pria lebih rentan mengalami masalah perut buncit saat memasuki usia 40 tahun. Dengan bertambahnya usia, metabolisme tubuh juga akan menurun yang membuat kemampuan sel-sel organ dalam tubuh untuk menyimpan lemak pun berkurang. Akibatnya, kelebihan lemak akan langsung disimpan di bagian perut dan berujung pada perut buncit. Meskipun umumnya perut buncit dialami pria dewasa yang sudah menikah, bukan berarti pria muda tak terbebas dari masalah tersebut.

2. Hormon

Munculnya masalah perut buncit pada pria juga bisa disebabkan oleh hormon. Tubuh pria dan wanita punya tempat penyimpanan lemak yang berbeda. Berkurangnya hormon testosteron pada pria seiring bertambahnya usia membuat lemak berlebih di tubuh lebih mudah tersimpan dan menumpuk di area perut menjadi lemak visceral. Lemak inilah yang membuat pria rentan mengalami perut buncit. Hal ini berbeda dengan hormon estrogen pada wanita yang membantu menyebarkan lemak di area pinggul, bokong, dan paha.

3. Kebiasaan makan yang buruk

Kebiasaan makan yang buruk seperti sering mengonsumsi makanan manis, tinggi kalori atau karbohidrat, makan dengan porsi berlebih, serta gemar ngemil dan makan larut malam merupakan salah satu faktor penyebab perut buncit pada pria.

Karena itu, kebiasaan ini perlu dihindari. Cobalah untuk membuat jadwal makan yang teratur dan mengonsumsi makanan yang sehat serta porsinya terkontrol, sehingga tubuh tidak akan menyimpan banyak lemak, khususnya di area perut.

4. Malas bergerak dan olahraga

Ini juga menjadi salah satu penyebab umum perut buncit pada pria. Dengan aktif bergerak dan berolahraga, tubuh akan membakar kalori dari makanan yang dikonsumsi. Sebaliknya, malas bergerak dan olahraga membuat lemak dari makanan yang Anda makan tidak akan terbakar dan tertimbun di satu bagian saja, yakni perut.

5. Kurang tidur

Tidur yang cukup dibutuhkan untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan bugar. Idealnya, Anda butuh tidur sebanyak 7-8 jam tiap malam. Jika waktu tidur tidak dicukupi, hal itu akan berdampak buruk bagi kesehatan Anda.

Kurangnya waktu tidur bisa berisiko terhadap pertambahan berat badan, karena saat kurang tidur, Anda cenderung memiliki perilaku makan makanan tidak sehat yang pada akhirnya bisa menambah jumlah lemak di perut dan membuat perut jadi buncit.

6. Stres

Saat mengalami stres, kadar hormon kortisol meningkat. Hormon ini akan meningkatkan nafsu makan Anda. Karena tingginya nafsu makan, apalagi makanan yang dikonsumsi umumnya makanan manis serta tinggi kalori dan lemak, tentu saja kalori berlebih dari makanan yang Anda makan tersebut akan menyebabkan penumpukan di area perut. Karena itu, untuk menghindari masalah perut buncit, Anda juga sebaiknya perlu menghindari stres.

7. Bakteri dalam usus

Penelitian menunjukkan bahwa orang dengan kondisi tubuh yang gemuk cenderung memiliki bakteri firmicutes di usus lebih banyak dibandingkan orang yang memiliki berat badan normal. Bakteri tersebut mampu meningkatkan jumlah kalori dari makanan yang diserap tubuh sehingga bisa meningkatkan jumlah lemak dalam tubuh, termasuk di area perut.

8. Postur tubuh yang buruk

Postur tubuh yang buruk merupakan salah satu penyebab perut buncit pada pria. Kebiasaan berdiri, duduk, maupun berjalan yang kurang tepat bisa membuat tubuh jadi terlihat gemuk dan perut lebih besar atau membuncit.

Nah, buat Anda yang punya kebiasaan ini, sebaiknya mulailah diubah dari sekarang. Anda bisa coba dengan mengubah posisi duduk jadi lebih tegak, begitu juga dengan cara berdiri dan berjalan.

9. Kebiasaan mengonsumsi alkohol

Minuman beralkohol mengandung banyak gula. Nah, kebiasaan mengonsumsi alkohol bisa meningkatkan asupan gula yang tidak dibutuhkan tubuh, sehingga ini akan disimpan menjadi lemak dalam tubuh, termasuk di area perut, dan menyebabkan perut buncit. (M&B/SW/Foto: 9nong/Freepik)