Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Buah Penguat Kandungan untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

Buah Penguat Kandungan untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

Saat hamil, Moms bisa saja merasa mudah lelah, apalagi jika aktivitas yang dilakukan cukup berat dan padat. Hati-hati, karena kondisi ini bisa memengaruhi janin dalam kandungan hingga menimbulkan risiko keguguran.

Untungnya, masalah tersebut bisa dicegah jika Moms mengonsumsi vitamin penguat kandungan yang direkomendasikan dokter. Namun, tentu akan lebih baik jika bumil memilih buah-buahan yang secara alamiah bisa menjadi penguat kandungan. Apa saja jenis buah yang bisa Moms konsumsi di trimester pertama kehamilan untuk menguatkan kandungan?

1. Kurma

Kurma memiliki kandungan zat besi yang tinggi dan bisa membantu mencegah anemia pada bumil di trimester pertama kehamilan. Kurma juga memiliki folat serta vitamin K yang bisa menurunkan risiko terjadinya cacat pada janin sehingga janin memiliki tumbuh kembang yang baik.

2. Pisang

Pisang mengandung kalium yang bisa menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Hal ini akan membuat tubuh Moms terhindar dari pembengkakan selama hamil serta membantu pelepasan energi dari nutrisi penting, seperti protein, lemak, dan karbohidrat. Kandungan vitamin B6 di dalam pisang juga bisa mengurangi gangguan morning sickness selama kehamilan dan adanya serat akan membantu mencegah Anda mengalami sembelit.

3. Jeruk

Bumil tentu butuh vitamin C yang bisa membantu penyerapan zat besi dan memperbanyak sel darah merah. Ini bisa Anda dapatkan dengan rutin mengonsumsi jeruk, yang juga mengandung kalsium, folat, kalium, serta vitamin C yang bisa membantu menjaga lingkungan sel telur tetap sehat. Metabolisme tubuh bumil juga akan meningkat berkat adanya antioksidan yang tinggi di dalam jeruk yang Anda konsumsi.

4. Alpukat

Alpukat mengandung berbagai nutrisi yang mampu memperkuat kandungan, terutama di trimester awal kehamilan. Selain beragam vitamin, zat mineral seperti potasium, kalium, dan magnesium di dalamnya bisa membantu mengurangi mual dan kram yang sering dialami bumil. Kandungan kolin serta asam folat di dalam alpukat juga penting untuk perkembangan otak dan saraf janin.

5. Beri

Beri memang identik dengan rasa asam yang menyegarkan, contohnya blueberry yang mengandung antioksidan alami serta fitonutrien yang bersifat antiradang. Beri juga mampu mengurangi risiko preeklampsia pada bumil. Selain itu, kandungan vitamin C dan kaliumnya bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh serta mengurangi rasa mual yang Moms alami saat hamil.

6. Apel

Apel juga baik untuk dikonsumsi bumil sebagai penguat kandungan di trimester awal kehamilan. Kandungan antioksidan di dalamnya akan membantu menjaga sistem imun tubuh tetap kuat. Selain itu, berbagai vitamin dan mineral yang ada pada apel juga mampu memenuhi kebutuhan nutrisi untuk tubuh bumil dan janin dalam kandungan.

Berbagai nutrisi yang ada dalam buah-buahan tersebut tentu bisa membantu menjaga kondisi kesehatan bumil dan janin di trimester awal kehamilan. Namun, pastikan buah yang Anda konsumsi tidak berlebihan porsinya. Hal itu perlu diperhatikan untuk mencegah risiko munculnya gangguan diabetes gestational.

Bumil bisa mengonsumsi buah-buahan di pagi hari sebelum makan nasi atau saat sore hari sebelum memulai olahraga. Namun, pastikan buah yang Anda konsumsi tidak terlalu masam agar lebih aman jika Anda punya riwayat asam lambung atau gastritis. Jika Anda ingin lebih yakin dengan pilihan buah yang bisa dikonsumsi untuk menguatkan kandungan, Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda, Moms. (M&B/Vonia Lucky/ND/Foto: Freepik)