Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

7 Kebiasaan yang Bisa Bikin Gairah Seksual Menurun

7 Kebiasaan yang Bisa Bikin Gairah Seksual Menurun

Merasa gairah seksual Anda menurun? Jangan buru-buru menyalahkan hubungan yang kurang romantis. Bisa jadi penyebabnya adalah makanan yang Anda konsumsi, terutama jika Anda adalah seorang pecinta kuliner yang nyaris tidak punya pantangan makanan.

Moms perlu tahu, terlalu sering mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat, gula, dan lemak jenuh bisa menghambat aliran darah. Kalau ini terjadi, dampak lainnya tentu bisa memengaruhi performa di ranjang dan gairah seksual pun jadi menurun.

Enggak nyangka kan, kebiasaan sederhana seperti sering mengonsumsi makanan tidak sehat bisa menurunkan gairah seksual. Lalu, apa lagi sih kebiasaan yang berbahaya bagi gairah seksual? Cari tahu di sini yuk, Moms!

1. Sering makan asin

Buat Anda yang sering mengonsumsi makanan mengandung tinggi garam, maka risiko mengalami tekanan darah tinggi pun akan meningkat. Jika tekanan darah Anda tinggi, maka libido juga bisa menurun. Akibatnya Anda tidak mudah menerima rangsangan, walau sudah "digoda" dengan mesra. Untuk itu, coba batasi konsumsi garam harian Anda. Kemenkes menyarankan orang dewasa untuk tidak mengonsumsi garam lebih dari 5 gram (1 sendok teh) per hari.

2. Ogah foreplay

Banyak yang mengira hubungan seks hanya penetrasi sampai orgasme. Padahal, foreplay atau pemanasan bercinta juga penting. Mengutip WebMD, sebuah survei pada 8.700 pria dan wanita bilang seks jadi lebih lama jika sebelumnya dilakukan beberapa jenis stimulasi. Foreplay enggak harus langsung bercumbu mesra, sekadar sexting juga termasuk foreplay, kok.

3. Sering begadang

Siapa Moms di sini yang tidak memedulikan waktu tidur? Wah, ini enggak cuma menyebabkan mata panda dan gangguan mood, gangguan hasrat seksual yang menurun juga bisa, lho. Ya, kurang tidur atau sering begadang bisa menurunkan libido wanita. Bahkan ada studi yang menguak fakta wanita yang cukup tidur memiliki kehidupan seks yang lebih baik (dan lebih sering!). Untuk itu, coba penuhi kebutuhan tidur harian Anda, yaitu setidaknya 7 jam sehari ya, Moms.

4. Memendam stres

Moms pasti sudah tahu bahayanya memendam stres. Saat stres, tubuh Anda dipenuhi hormon stres (kortisol). Jika ini terjadi dalam jangka waktu panjang, maka hormon tersebut bisa mendominasi tubuh Anda. Salah satu akibatnya sudah pasti akan mengganggu hasrat seksual Anda.

Untuk mengatasinya, jangan ragu berkonsultasi dengan pakar seperti psikolog atau psikiater. Mereka akan memberikan nasihat terbaik yang paling sesuai dengan kondisi Anda. Jangan lupa lakukan juga relaksasi tubuh yang bisa membantu meredakan stres, seperti yoga, jogging di taman, atau sekadar menonton film komedi kesayangan Anda.

5. Rutinitas seks yang monoton

Kebiasaan bercinta yang monoton juga bisa menurunkan gairah seksual juga, lho. Coba deh untuk mencoba hal-hal baru dalam bercinta, seperti mengubah lokasi, posisi, atau bahkan mencoba sex toys.

Bercinta tidak harus selalu di atas tempat tidur, kan? Sesekali mencoba bercinta di dapur, mobil, atau kamar mandi bisa memberikan sensasi seru yang membuat momen bercinta jadi semakin menyenangkan. Cobalah mengeksplorasi hal-hal baru (dan seru) untuk bercinta. Dijamin hasrat seksual akan kembali membara.

6. Tidak mengukur lingkar pinggang

Coba perhatikan lingkar pinggang Anda deh, Moms. Jika ukurannya terus bertambah, Anda perlu waspada karena ini bisa jadi penyebab menurunnya gairah seksual. Mengutip WebMD, mengurangi beberapa kilo berat badan agar lingkar pinggang mengecil ternyata bisa meningkatkan performa di ranjang lho, Moms.

Tak hanya pada wanita, hal ini juga berlaku untuk pria. Sebuah studi menguak fakta pria yang lingkar pinggangnya di atas 40 inci (sekitar 101 cm) lebih sering mengalami disfungsi ereksi dibandingkan pria yang memiliki lingkar pinggang lebih kecil.

7. Tidak percaya diri

Seromantis apa pun sikap pasangan saat bercinta dengan Anda, kalau Anda tidak mencintai diri sendiri dan tidak percaya diri, maka momen bercinta hanya akan semakin hambar saja. Ini sangat disayangkan, karena pikiran negatif tentang tubuh yang tidak sempurna itu bisa menurunkan hasrat seksual. Stop kebiasaan negative thinking! Cobalah untuk mencintai tubuh Anda sepenuh hati dan rasakan hasrat seksual yang terus meningkat.

Mulai sekarang, beri afirmasi positif pada diri Anda, Moms. Katakan ke diri Anda kalau Anda cantik, menarik, dan layak dicintai apa adanya. Beri perhatian lebih untuk diri Anda. Lakukan hal-hal yang bisa membuat Anda lebih bahagia. Jauhi orang-orang toxic yang membuat Anda merasa terpuruk, karena diri Anda jauh lebih berharga. (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Freepik)