Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Alami Tenggorokan Gatal dan Batuk, Ini Cara Mengatasinya, Moms!

Alami Tenggorokan Gatal dan Batuk, Ini Cara Mengatasinya, Moms!

Tenggorokan gatal dan batuk merupakan kondisi yang bisa dialami setiap orang, baik anak-anak maupun orang dewasa. Walaupun kondisi ini sering dianggap sepele, faktanya tenggorokan gatal dan batuk merupakan reaksi alami ketika tubuh terinfeksi ataupun terpapar zat yang mengiritasi atau memicu reaksi alergi lho, Moms. Kondisi ini juga tentunya bisa mengganggu aktivitas harian kita ya, Moms.

Baca juga: 8 Obat Batuk Tradisional untuk Anak yang Bisa Redakan Gejala Batuknya

Penyebab tenggorokan gatal dan batuk

Banyak hal yang bisa menyebabkan Anda mengalami tenggorokan gatal dan batuk. Beberapa penyebabnya adalah berikut ini, Moms.

  • Alergi
  • Infeksi jamur
  • Lendir hidung yang menetes ke tenggorokan
  • Asma
  • Radang tenggorokan
  • Penyakit asam lambung kronis (gastroesophageal reflux disease atau GERD)

Baca juga: Ini 6 Obat Alami Terbaik untuk Sembuhkan Radang Tenggorokan

Cara mengatasi tenggorokan gatal dan batuk

Tenggorokan gatal dan batuk bisa Anda atasi dengan beberapa cara berikut ini, Moms.

1. Minum banyak air putih. Air punya fungsi penting buat tubuh kita. Air berperan dalam menunjang kinerja organ tubuh. Selain itu, air putih bisa membantu mencegah tenggorokan Anda menjadi kering. Hal ini tentunya akan mengurangi rasa gatal dan batuk.

2. Minum air hangat. Air hangat bisa membantu melembapkan tenggorokan, sehingga rasa gatal di tenggorokan pun akan mereda. Air hangat juga bisa membantu dahak keluar dengan mudah.

3. Minum air jahe. Jahe sudah sejak lama dikenal sebagai rempah yang berkhasiat dan sering dijadikan sebagai obat tradisional oleh masyarakat kita. Jahe memang memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh, salah satunya mengatasi tenggorokan gatal. Pasalnya, minum air jahe akan membantu mengencerkan dahak yang menumpuk, sehingga rasa gatal dan batuk di tenggorokan pun akan bisa berkurang.

Baca juga: 7 Khasiat Rutin Mengonsumsi Air Jahe untuk Kesehatan Anda

4. Kumur dengan air garam. Moms bisa campurkan 1/2 sendok garam ke dalam segelas air hangat. Lalu, setelah garam larut dalam air, Anda bisa berkumur dengan air tersebut selama beberapa detik. Ulangi beberapa kali hingga tenggorokan gatal dan batuk pun mereda dengan sendirinya.

5. Minum madu. Selain memiliki rasa yang manis dan segar, madu juga punya banyak manfaat untuk kesehatan, Moms, salah satunya adalah meredakan peradangan dan iritasi yang terjadi pada tenggorokan.

6. Menggunakan pelega tenggorokan. Pelega tenggorokan berupa permen isap juga bisa membantu mengatasi tenggorokan gatal dan batuk. Namun, pastikan pelega tenggorokan tersebut aman dikonsumsi ya, Moms.

7. Istirahat dan menghindari iritan 

Nah, yang terakhir ini tentunya wajib Moms lakukan setelah mencoba beberapa cara di atas. Memberikan istirahat yang cukup untuk tubuh Anda merupakan kunci untuk pemulihan. Moms juga harus menghindari iritan yang bisa memicu tenggorokan gatal, batuk, atau yang mengganggu organ pernapasan, contohnya rokok, lingkungan berdebu, dan polusi jalanan. Hindari juga mengonsumsi makanan dan minuman yang bisa merangsang lendir pada tenggorokan sehingga memicu gatal dan batuk. (M&B/Gianti Puteri/SW/Foto: Freepik)