Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Makanan Terbaik Penurun Berat Badan

Makanan Terbaik Penurun Berat Badan

Makanan yang bernutrisi sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan Anda. Mulai dari memperkuat tulang, mencegah penyakit, meningkatkan kemampuan penglihatan, hingga menjaga kinerja otak. Namun, ternyata tidak semua makanan bernutrisi dapat menjaga berat badan ideal Anda. Sarah Klein dalam situs Health.com membagi beberapa makanan bernutrisi yang juga dapat menjaga berat badan ideal Anda seperti berikut.

 

1. Oat
Oat adalah jenis makanan kaya serat, sehingga dapat membantu Anda merasa kenyang sepanjang hari setelah mengonsumsinya. Setengah cangkir oat kemasan mengandung karbohidrat sehat yang dapat meningkatkan metabolisme dan membakar lemak tubuh Anda.

 

2. Ikan Salmon
Ikan salmon merupakan sumber protein yang juga membuat Anda merasa lebih kenyang tanpa menambah kadar lemak dalam tubuh.

 

(BACA JUGA: Nutrisi untuk Otak Janin)

 

3. Brokoli
Selain dapat menjaga berat badan, jenis sayuran ini juga merupakan salah satu makanan pencegah kanker.

 

4. Buah Pir
Konsumsi buah pir dalam diet Anda sehari-hari juga dapat memenuhi kebutuhan serat. Sebuah studi menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi 3 buah pir dalam sehari dapat menurunkan jumlah berat badan dibandingkan mereka yang tidak. Buah pir juga disebut baik untuk kulit.

 

5. Kacang Almond
Kacang almond adalah makanan super lain yang kaya lemak sehat yang akan membantu menjaga berat badan Anda. Dalam sebuah penelitian, orang yang menambahkan konsumsi kacang almond dalam diet hariannya dapat merasakan kenyang seperti konsumsi karbohidrat.

 

6. Teh Hijau
Antioksidan yang ada dalam kandungan teh hijau dapat membantu membakar lemak dan kalori Anda. Sebuah studi menemukan bahwa 5 cangkir teh hijau dalam sehari bisa membantu Anda menurunkan berat badan 2 kali lebih banyak.

 

7. Dark Chocolate
Dark chocolate ternyata diduga dapat memperlambat kinerja sistem pencernaan, sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama dan makan lebih sedikit. Menurut penelitian, dark chocolate termasuk makanan diet tinggi lemak yang sehat, dan dapat meningkatkan metabolisme Anda untuk membakar lemak dan kalori. Dark chocolate juga dapat membantu Anda membatasi keinginan untuk mengonsumsi makanan dengan rasa asin dan manis.

 

8. Susu Rendah Lemak
Selain dapat mengurangi berat badan, susu rendah lemak juga mengandung kalsium yang dapat membantu memperkuat tulang Anda. Dalam sebuah penelitian, seorang wanita dapat membakar lemak dan kalori ketika mereka memiliki asupan kalsium sekitar 1.000 sampai 1.400 miligram per hari. (Aulia/DT/dok.freedigitalphotos)