Type Keyword(s) to Search
BABY

Bayi Lahir Dengan Gastroschisis

Bayi Lahir Dengan Gastroschisis

Seorang bayi asal Widnes, Merseyside, Inggris, lahir dengan mengalami kondisi langka disebut gastroschisis, yang merupakan tipe hernia. Akibatnya, usus bayi bernama Joshua O’Callaghan ini terjebak di tali pusar dan berada di luar tubuhnya! Ia pun kemudian dirawat di rumah sakit selama 3 bulan sebelum diperbolehkan pulang ke rumah bersama orangtuanya.

 

Sebelum persalinan, ibu Joshua, Lynsey, 26, sudah diberi tahu di minggu ke-12 bahwa ada sesuatu yang salah pada kondisi bayi di dalam kandungannya. Meski begitu, dokter belum bisa mengetahui apa yang terjadi sampai bayi dilahirkan. Pasca-persalinan, Joshua langsung dioperasi dan menghabiskan hampir seluruh bulan pertamanya di ruang perawatan intensif untuk pemulihan.

 

“Ketika ia lahir, saya bisa menebak ada yang salah dengan kondisi Joshua dari ekspresi ibu saya. Kami benar-benar sangat terkejut dengan kondisi yang dialami Joshua. Kami hanya bisa memeluknya sebentar lalu ia segera dibawa ke ICU,” ujar Lynsey.

 

Baru 2 hari usianya, Joshua langsung dioperasi untuk mengembalikan organ tubuhnya kembali ke tempat yang seharusnya. Lynsey menuturkan, “Itu sangat menakutkan. Bayi kecil saya dikelilingi dengan kabel dan mesin setiap waktu. Kami pikir setelah operasi ia bisa pulang ke rumah dalam waktu 2 minggu. Ternyata kenyataannya tidak seperti itu."

 

Kondisi yang hanya menyerang 1 dari 2.000 kelahiran ini membuat Joshua tidak memiliki kantung colostomy. Bahkan, saat usianya 5 bulan, berat badan Joshua hanya mencapai 4,5 kg. “Sebagian wanita akan sangat menikmati waktu persalinannya, tapi tidak dengan saya. Mengetahui ada kekurangan pada bayi saya di usia kandungan 12 minggu benar-benar menakutkan,” ungkap Lynsey.

 

“Biasanya kondisi ini akan diketahui di usia kehamilan 14 minggu dan penyebabnya belum diketahui. Namun, nampaknya belakangan ini kasus kejadian meningkat. Pengetahuan tentang kondisi ini perlu ditingkatkan agar orang-orang mulai melakukan pencegahan. Kami pun perlu mengampanyekan untuk peduli pada ibu hamil yang memiliki calon bayi dalam kondisi seperti ini,” jelas perwakilan dari Luey Jacob Sharp Foundation, seperti dikutip melalui Daily Mail. (Sagar/DT/Dok. Daily Mail UK)

 

Baca Juga:

Bayi Lahir dengan Kepala Berbentuk Hati

Bumil Rajin Olahraga, Bayi Lahir Cerdas!

Bayi Lahir dari Ibu Mati Otak

Virus Zika Sebabkan Bayi Lahir Berkepala Kecil

Penyebab Pertumbuhan Janin Terhambat