Type Keyword(s) to Search
ASK THE EXPERT

Telapak Tangan & Kaki Si Kecil Sering Berkeringat

Telapak Tangan & Kaki Si Kecil Sering Berkeringat

Dijawab oleh dr. Rouli Nababan, Sp.A, Kiddie Care Centre, Sunter, Jakarta Utara

 

T: Putri saya, 13 bulan, setiap pagi dan malam telapak tangan, serta kakinya sering berkeringat dengan jumlah yang cukup banyak. Apa penyebabnya? Apakah balita saya mengidap suatu penyakit?

 

J: Anak-anak usia 0-12 bulan memang sering berkeringat, terutama di bagian kepala, tangan, dan kaki. Keringat itu tidak selalu diakibatkan oleh aktivitas fisik atau suhu di lingkungannya. Penyebabnya bisa karena metabolisme tubuh dan hormon yang belum stabil atau fungsi pengatur suhu yang terdapat di otak, maupun kelenjar keringatnya belum bekerja dengan baik. Seiring bertambahnya usia Si Kecil, fungsi organ dan hormon di tubuhnya akan bekerja lebih optimal, sehingga keringat pun berkurang.

 

Anak yang banyak mengeluarkan keringat juga tidak berarti memiliki penyakit layaknya orang dewasa. Namun, jika Si Kecil berkeringat disertai gejala, seperti jantung berdebar, sering BAB, berat badan tidak naik, gemetaran, dan bola mata lebih menonjol, segera bawa ia ke dokter. Hal itu berguna untuk memastikan apakah ia memiliki kemungkinan mengidap kelainan organ atau sistem tubuh, seperti hipertiroid. (K/Sagar/DT/Dok. M&B)