Type Keyword(s) to Search
ASK THE EXPERT

Penanganan Cacar Air Pada Balita

Penanganan Cacar Air Pada Balita

Dijawab oleh: dr. Rouli Nababan, Sp.A, Kiddie Care Centre, Sunter, Jakarta Utara.

 

T: Balita saya yang berusia 3 tahun terkena cacar air. Apakah benar seseorang yang pernah terkena cacar air tidak akan mengalaminya lagi? Apakah air kelapa hijau dapat menghilangkan bekas luka cacar?

 

J: Umumnya, seseorang yang sudah pernah terkena cacar akan memiliki kekebalan terhadap virus penyebab cacar. Namun tidak menutup kemungkinan serangannya berulang, apalagi jika daya tahan tubuh sedang mengalami penurunan. Sampai saat ini, belum ada penelitian yang membuktikan air kelapa bisa membantu menghilangkan bekas luka cacar air. Bahan alami yang sudah terbukti dapat membantu menghilangkan bekas cacar air adalah jagung yang kaya akan vitamin dan mineral, sehingga dapat membantu proses pembentukan sel kulit baru. Karenanya, Anda boleh mengoleskan jagung yang telah diparut ke kulit Si Kecil.

 

Untuk menghindari infeksi pada luka cacar, cegah Si Kecil menggaruk lenting cacar air. Mandikan ia lebih sering dan gunakan air dingin, serta sabun antiseptik. Setelah mandi, berikan Si Kecil bedak dingin. Pada luka yang terlanjur mengalami infeksi, berikan antibiotik topikal. Rawat bekas cacarnya dengan memberikan banyak air putih, buah-buahan yang mengandung vitamin C, dan mengoleskan pelembap kulit setiap habis mandi untuk menghindari iritasi. (K/Sagar/DC/Dok. M&B)