Type Keyword(s) to Search
ASK THE EXPERT

Tips Mengurangi Gatal karena Cacar Air

Tips Mengurangi Gatal karena Cacar Air

Si Kecil tentu akan merasa tidak nyaman bila terserang cacar air. Demam dan rasa gatal yang teramat sangat tentu terasa menyiksa. Apa yang bisa dilakukan untuk mengurangi penderitaan Si Kecil jika ia terkena cacar air? M&B memberikan tipsnya untuk Anda.

 

  • Mandikan Si Kecil dengan air dingin setiap 3 atau 4 jam sehari di hari-hari pertama ia terkena infeksi. Bubuhkan 4 sendok makan baking soda ke dalam air untuk membantu mengurangi rasa tidak nyaman. Bubuhkan pula krim yang mengandung kalamina setelah ia mandi.

 

  • Pijat-pijat bagian tubuhnya yang gatal dengan es batu selama 10 menit.

 

  • Jika infeksi disertai demam, berikan obat yang mengandung asetaminofen. Jangan berikan obat pereda demam yang mengandung ibuprofen, sebab bisa menyebabkan gangguan pada tenggorokan. Hindari pula obat pereda demam yang mengandung aspirin, karena bisa menimbulkan sindrom Reyes.

 

  • Setelah 24 jam sejak bintil cacar air pertama muncul, dokter biasanya akan memberikan obat anti-virus yang bisa meredakan radang dan nyeri karena infeksi. Untuk obat jenis ini, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter anak. (Meiskhe/DC/Dok. M&B UK)