Type Keyword(s) to Search
ASK THE EXPERT

Bila Si Kecil Malas Bergerak

Bila Si Kecil Malas Bergerak
malas

Dijawab oleh Dr. Widodo Judarwanto, Sp.A,  dari RS. Bunda

 

T: Balita saya, 2 tahun, sangat “melekat” dengan TV. Akibatnya, ia tidak seaktif anak-anak lain. Saya khawatir dengan kebugarannya. Apa yang harus saya lakukan untuk membuatnya lebih banyak bergerak?

 

J: Apakah TV di rumah Anda selalu menyala? Kalau iya, tidak heran ia sangat “melekat” dengannya. Apalagi, acara TV anak-anak memang sangat menarik perhatian. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mematikan TV. Izinkan ia menonton hanya pada waktu tertentu saja. Selain itu, ikutlah menonton bersamanya dan ajak dia mengobrol mengenai apa yang disaksikan.

 

Anda juga perlu mengubah rutinitas sehari-hari Si Kecil dan memasukkan aktivitas fisik di dalamnya. Anda bisa mengajaknya melakukan kegiatan di luar rumah, ikut serta dalam gym anak-anak, atau grup berenang. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengajaknya jalan-jalan di taman atau bermain bola di halaman rumah. Si Kecil pasti senang menghabiskan waktu bersama Anda dan mendapatkan manfaat dari gaya hidup yang aktif. Kalau ia bisa tumbuh menjadi anak yang aktif, berarti Anda telah berhasil menanamkan landasan terbaik untuk masa depannya.  (Aulia/DC/Dok. M&B)