Type Keyword(s) to Search
BABY

Pertolongan Pertama saat Anak Sembelit

Pertolongan Pertama saat Anak Sembelit

Masalah sembelit bisa terjadi pada siapa saja, termasuk pada balita dan pada bayi. Untuk itu, Anda perlu lebih cermat mengenali gejala dan penyebabnya. Jika Si Kecil mengalami sembelit, segera berikan pertolongan pertama ini, ya!


Kenali Tandanya


Sebagai orang tua, Anda disarankan untuk mengetahui ciri-ciri sembelit, seperti jarangnya buang air besar dan ia mulai mengejan hingga muka memerah saat ingin buang air besar. Tidak hanya itu, bila sudah sangat sakit, Si Kecil akan menangis saat buang air besar, feses yang keluar juga sangat padat dan sedikit, perutnya terasa keras, dan anak kehilangan selera makan.

 

Baca: 5 Tips Meringankan Sembelit pada Anak

 

Penyebab Sembelit


1. Susu Formula

Seorang bayi yang diberi susu formula lebih rentan terhadap sembelit karena susu formula bisa lebih sulit untuk dicerna dibandingkan ASI. Bila Si Kecil diberi ASI eksklusif, ia jarang mengalami sembelit. ASI menghasilkan kotoran yang selalu lembut karena sepenuhnya diserap oleh tubuh Si Kecil.

 

2. Makanan

Ketika Si Kecil mulai makan makanan padat, ia akan lebih sering terkena sembelit, karena tubuh mereka belajar bagaimana mengelola makanan baru. Oleh karena itu, sebaiknya beri makanan padat yang mengandung banyak air. Anda dapat memberikan variasi makanan, seperti pagi makan mashed potato, siang makan jus apel, malam makan kacang hijau.

 

3. Dehidrasi

Berikan cukup cairan, karena dehidrasi merupakan salah satu penyebab Si Kecil terkena sembelit sehingga fesesnya menjadi keras.

 

4. Kondisi Medis Tertentu

Sembelit terkadang menjadi tanda Si Kecil mengalami alergi terhadap makanan yang ia makan atau terdapat masalah dengan cara tubuh menyerap makanan, yang dikenal sebagai gangguan metabolisme.

 

Cara Mengatasi Sembelit


1. Beri Tambahan Air

Jika Si Kecil minum susu formula, beri tambahan air di setiap pembuatan susu dalam botol. Terlalu banyak susu bubuk yang Anda berikan, dapat membuat Si Kecil semakin sembelit. Dokter juga mungkin menyarankan Anda untuk mengganti susu formula.

 

2. Makanan Berserat

Bila Si Kecil sudah makan makanan padat, Anda dapat memberinya makanan yang mengandung banyak air. Pemberian bisa dalam berupa jus agar lebih mudah untuk dikonsumsi. Salah satu makanan yang  mengandung banyak air, seperti jus apel, blueberry, anggur, pir, plum, raspberry dan strawberry. Jangan untuk selalu memberikan air putih agar SI Kecil tidak dehidrasi.

 

Bila cara mengatasi sembelit diatas belum juga membuahkan hasil, segera ke dokter untuk penanganan yang tepat. (Seva/TW/Dok. M&B UK)


RELATED VIDEO: Ask The Expert, Waspada Masalah Pencernaan Pada Anak